Tips Sehat Setelah Haid

Tips Sehat Setelah HaidSetelah mengalami siklus haid, tubuh pasti akan membutuhkan perawatan yang serius untuk diperhatikan. Sebab, jangan sampai tubuh kita menjadi lebih lemas dan tidak bugar.

Tips-tips sehat setelah haid yang bisa kita terapkan diantaranya adalah:

Banyak minum air

Setelah mengalami masa haid selama kurang-lebih satu minggu, pastinya tubuh membutuhkan banyak cairan di dalam tubuh supaya tidak mengalami dehidrasi.

Air putih yang kita konsumsi, dipercaya dapat menjaga kelembaban tubuh dan juga menormalkan aliran darah yang mengalir.

Tentu saja meminum banyak air putih setiap harinya ini merupakan cara mudah bagi setiap wanita untuk membersihkan dirinya setelah masa haid. Minimal 8 gelas air harus kita penuhi dalam sehari.

Gunakan pakaian yang longgar

Setelah haid, kita disarankan untuk mengenakan pakaian yang longgar dengan celana katun untuk meningkatkan ventilasi dan menghindari suhu panas yang meningkat.

Seperti yang kita ketahui, pada saat berada dalam masa haid pasti kita sering menggunakan celana yang ketat. Maka dari itu, untuk membersihkan bekas-bekas bakteri dan bau dari tubuh, kita harus menggunakan baju dan celana yang longgar atau tidak ketat.  Sebab bau dan bakteri tersebut akan bisa berkurang dalam kondisi yang kering.

 Rajin membersihkan kemaluan

Setelah periode haid Anda berakhir, tetap harus rajin membersihkan bagian kemaluan Anda menggunakan sabun lembut, khususnya yang mengandung daun sirih dan air bersih untuk mencuci daerah vital kita.

Konsumsi Yoghurt

Selain itu, tips sehat setelah haid lainnya adalah dengan mengonsumsi yoghurt. Saat ini, yoghurt memang tengah digemari banyak orang yang sudah diolah dengan menggunakan mesin soft ice cream dan juga mampu memberikan rasa dan kesegaran pada saat di proses menjadi frozen yoghurt. Yoghurt ini terasa lezat dan sangat baik bagi kesehatan tubuh kita, khususnya bagi para perempuan. Mengapa demikian?

Sebab yoghurt merupakan asupan makanan yang terbuat dari susu murni dan sudah melalui proses fermentasi. Proses fermentasi inilah yang membuat kadar laktosa di dalam yoghurt berkurang, sehingga dijamin aman disantap semua orang dan dari berbagai usaha, bahkan juga bisa dikonsumsi mereka yang alergi terhadap susu.

Yoghurt memang memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi alat reproduksi wanita, sehingga disarankan dapat dikonsumsi setelah haid. Yoghurt dapat menjaga kemaluan dari keputihan.

Dengan meminum yoghurt ternyata berkhasiat untuk mengendalikan keputihan yang berlebihan. Selain itu, yoghurt juga bisa membuat pH-nya stabil. Usai mengalami masa haid setiap bulannya, dapat menyebabkan berkurangnya kalsium dan kadar zat besi di dalam peredaran darah.

Apabila didiamkan begitu saja, maka darah akan mencuri kalsium di tulang. Untuk mencegahnya, kita dapat menempuh jalan yang sangat mudah saja, yaitu dengan rajin mengonsumsi yoghurt.

Selain itu, untuk Anda yang memiliki siklus haid tidak teratur, bisa mengonsumsi yoghurt untuk melancarkan haid di bulan berikutnya. Khasiat inipun berasal dari pengalaman yang sudah dibuktikan para perempuan di Eropa. Mereka sudah merasakan sendiri bahwa yoghurt dapat mempengaruhi siklus datang bulannya sehingga menjadi lebih lancar.

Tips sehat setelah haid yang kita lakukan dengan mengonsumsi yoghurt juga bisa efektif melawan infeksi jamur. Ya, dengan meminum yoghurt secara rutin setelah menstruasi, dapat mengurangi bertumbuhnya jamur pada alat vital kita.

Seperti yang kita ketahui, kesehatan alat reproduksi perempuan merupakan impian dari semua wanita di dunia. Untuk mewujudkan impian tersebut, maka kita bisa menerapkan tips-tips sehat setelah masa haid di atas.