Tips Bagi Wanita Hamil Dalam Berkendara

Tips Bagi Wanita Hamil Dalam BerkendaraDalam mengendarai suatu kendaraan bukan saja laki-laki tapi wanita pun banyak dan terleih lagi walaupun dalam keadaan hamil wanita juga dapat mengemudi sebuah kendaraan tetapi harus dengan rancangan yang sangat septi untuk mencegah sesuatu yang tidak di inginkan.

Lea Indra, Communications Director PT FMI, Kamis 5 September 2013, menuturkan, teknisi dan desainer Ford kini mempertimbangkan dan mengupayakan untuk merancang dan memproduksi kendaraan yang tidak hanya aman tapi juga nyaman bagi para ibu hamil.

“Untuk merancangnya, teknisi dan desainer Ford melakukan percobaan dengan mengenakan empathy belly, ini merupakan pakaian yang memiliki sisipan berat pada perut, kantong seberat tiga kilogram yang memberikan tekanan ke kandung kemih, dan wadah untuk air dan bantalan bola yang menirukan gerakan janin yang menendang ringan,” kata Lea saat ditemui di kawasan Kebon Sirih, Jakarta.

Setelah meneliti dan mempelajari pengalaman ibu hamil, Lea melanjutkan, Ford menemukan tips keselamatan bagi calon ibu.

Berikut, tips aman ibu hamil saat berkendara:
Pertama, kenakan sabuk pengaman Anda dengan benar. Pastikan sabuk pengaman di posisikan di bawah perut, melintang pinggul. Tali bahu harus berada di antara payudara, dan pastikan untuk menariknya sehingga sabuk terasa nyaman dan kencang.

Kedua, mundurkan kursi ke jarak yang nyaman saat Anda berkendara. Sedikit memiringkan kursi juga dapat membantu. Hal ini akan melindungi perut apabila airbag bekerja.

Ketiga, berikan bantalan pada punggung Anda. Jika memiliki nyeri punggung terkait kehamilan, tempatkan bantal sandaran bulat kecil untuk menahan punggung bawah atau gunakan gulungan handuk. Hal ini akan membantu meningkatkan kenyamanan saat berkendara.

Keempat, istirahat sejenak. Jika Anda mengendarai mobil dalam waktu yang lama, istirahatlah secara teratur untuk meningkatkan aliran darah ke kaki. Kaki dan pergelangan kaki rentan terhadap pembengkakan dan dapat bertambah buruk karena duduk untuk waktu yang lama. Istirahatlah dengan lembut menggerakkan kaki, memutar pergelangan kaki, dan menggoyangkan jari-jari kaki Anda.

Kelima, jadilah penumpang.  Duduk di kursi belakang adalah tempat teraman di mobil untuk ibu hamil. Jika Anda duduk di kursi depan, pastikan untuk mendorong kursi ke belakang sejauh mungkin untuk melindungi diri saat airbag bekerja.

Keenam, bawa data kesehatan Anda. Ke mana pun pergi, pastikan untuk membawa kartu catatan kehamilan, yang mencakup daftar terperinci informasi medis, hasil tes, dan kontak darurat.