Tips Ampuh Turunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

Tips Ampuh Turunkan Berat Badan Setelah MelahirkanSebelum mengandung tentunya tubuh anda terlihat cantik dan terawat postur tubuh anda terlihat langsing tetapi setelah mengandung berat anda bertambah dan meningkat hal semacam ini sangat wajar untuk dialami oleh setiap wanita yang sedang mengandung olehnnya itu banyak wanita yang takut jika berat badannya akan bertambah setelah melahirkan nanti sehingga banyak wanita akan melakukan berbagai perawatan diri, dan salah satunya adalah melakukan upaya untuk merampingkan perutnya agar kembali pulih seperti sedia kala. Adakah tips yang dapat dilakukan oleh para ibu untuk kembali menurunkan berat badannya? Jangan khawatir yang berlebihan semua itu dapat diatasi dengan prilaku hidup sehat.

Selama kehamilan, kurang lebih 9 bulan, tubuh Anda sudah mengalami kondisi psikis yang naik turun. Dengan lahirnya sang buah hati, kegembiraan dan kekhawatiran terkadang datang bersamaan. Tentu saja hal yang mengkhawatirkan adalah, “apakah berat badan saya bisa kenbali normal?”

Penyembuhan Setelah Melahirkan
Setelah melahirkan, tubuh akan melakukan pemulihan diri secara keseluruhan dan itu alami. Rahim akan menutup dan kembali ke ukuran semula dalam waktu sekitar 6 minggu, sedangkan ligamen tubuh akan kembali ke panjang dan elastisitas normal sekitar 3-6 bulan.

Sayangnya, jaringan otot tidak merespon dengan cara yang sama, sehingga perlu latihan dan rutinitas baru untuk mengembalikan kekuatan, kepadatan, dan fungsionalitas otot-otot tersebut.

Kita perlu tahu, bahwa olahraga dan pola makan yang tepat tetap menjadi hal yang mendasar dari menurunnya berat badan kembali ke ideal setelah melahirkan.

Kapan waktu yang Tepat Memulai Latihan Pasca Melahirkan?
Mungkin Anda pernah merasakan sedikit perasaan ‘menyesal’ dengan keadaan tubuh Anda setelah melahirkan. Mungkin Anda sudah tidak sabar lagi menghilangkan lemak yang ada di perut, lengan yang menggelambir, atau pipi yang mulai berisi.

Lantas kapan waktu yang tepat untuk memulai latihan pasca melahirkan? Tentunya untuk yang satu ini Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda. Pada awalnya, mungkin Anda akan di minta untuk melakukan pemulihan tubuh terlebih dahulu. Terutama jika Anda melahirkan melalui operasi caesar. Namun memang, semua hal itu kembali lagi berdasarkan pada kondisi fisik setiap individu itu saat ini.

Saatnya Berlatih!
Ketika dokter mengatakan bahwa Anda sudah kembali normal dan boleh melakukan olahraga, maka ini adalah saat yang tepat untuk melakukan olahraga dan tentu saja sesuai dengan kemampuan  tubuh.

Berikut 4 panduan yang bisa Anda coba untuk mendapatkan kembali bentuk tubuh ideal pasca melahirkan.

Jangan Buru-buru Nge-gym
“Tidak perlu buru – buru ngegym untuk mendapatkan kembali berat badan yang ideal setelah melahirkan.” Ungkap Dr. Michael Johnson spesialis Obstetri University of California, Los Angeles. Menurutnya, setelah melahirkan berat badan naik adalah hal yang wajar karena pada saat itu volume darah naik sekitar 15 persen. “Pemulihan yang minim pasca melahirkan bisa menimbulkan gangguan kesehatan, apalagi jika Anda buru-buru nge-gym.” tambahnya.

Buatlah Target Yang Bisa Anda Capai
Jangan memasang target berlebihan yang hanya akan menyusahkan Anda di hari kemudian. Berlebihan rasanya jika Anda menargetkan berat badan turun 20 kg dalam waktu 1 bulan saja. Karena target yang berlebihan itu, Anda melakukan metode diet yang salah, misalnya dengan mengurangi waktu dan makan secara besar – besaran.

Ingat, Anda sekarang memiliki bayi yang membutuhkan asupan ASI dari Anda. Kalau Anda mengurangi makan secara besar – besaran dengan tujuan untuk menurunkan berat badan, bayi anda beresiko kekurangan gizi karena tubuh Anda kekurangan gizi.

Tetap Atur Pola Makan
Pada proses pemulihan setelah melahirkan, tubuh Anda membutuhkan lebih banyak nutrisi. Zat – zat seperti vitamin C, protein dan zat besi adalah zat yang penting untuk di konsumsi saat pemulihan karena dibutuhkan untuk meregenerasi sel – sel yang sudah rusak. Untuk melancarkan pencernaan, Anda bisa mengkonsumsi buah dan sayuran yang kaya akan serat. Untuk menjaga berat badan agar tidak naik kembali, sebisa mungkin untuk menghindari makanan dengan kalori tinggi, makanan yang di goreng dan berlemak.

Dapatkan Olahraga Yang Tepat
Bermalas-malasan bukanlah pilihan yang tepat jika Anda ingin mengembalikan bentuk tubuh Anda seperti semula. Agar tubuh Anda senantiasa bergerak, lakukan kegiatan fisik sesering mungkin. Walaupun begitu, Anda tidak perlu melakukan olahraga berat seperti lari atau lompat tali. Cukup jalan kaki sambil mendorong kereta bayi Anda mengelilingi kompleks perumahan. Selain bermanfaat untuk membakar kaloi, berjalan juga bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah dan menjaga tubuh agar tetap bugar setelah melahirkan.