Tips Menjaga Kesehatan Tubuh dari Polusi

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh dari PolusiPolusi adalah akumulasi di atmosfer zat yang dalam konsentrasi yang cukup, membahayakan kesehatan manusia atau menghasilkan efek diukur lain pada materi hidup dan bahan lainnya. Di antara sumber utama polusi daya dan panas, pembakaran sampah, proses industri, dan, terutama, transportasi. Keenam jenis utama dari polutan karbon monoksida, hidrokarbon, nitrogen oksida, partikulat, sulfur dioksida, dan oksidan fotokimia.

Penelitian juga menunjukkan bahwa polusi bisa menurunkan kadar kolesterol “Baik” dalam darah dan memicu pengerasan pembuluh darah arteri. Polusi juga telah dikaitkan dengan risiko diabetes, autisma, dan kanker pada anak.

Beberapa tips sederhana menangkis polusi diantaranya sebagai berikut :
1. Menggunakan masker
Ketika mengunakan sepeda motor, angkutan umum, atau jalan kaki di trotoar, sebaiknya anda memakai masker. Masker bisa menangkis polutan. Lebih baik mengunakan masker yang terbuat dari kain. Hal ini karena pori-pori masker kain lebih rapat dibandingkan dengan masker kertas sekali pakai.

2. Menggunakan kacamata
Paparan polusi tidak selalu berhubungan dengan hidung, mata pun juga bisa terpapar polusi. Untuk mengurangi paparan polusi di mata, sebaiknya memakai kacamata, terutama ketika mengendarai sepeda motor atau jalan kaki di pinggir jalan.

3. Mencuci masker
Jika masker yang digunakan adalah masker kain (bukan sekali pakai) maka jangan lupa untuk mencucinya setelah dipakai. Masker yang telah dipakai cenderung terdapat polutan di dalamnya. Apabila anda membiarkan masker yang sama untuk digunakan selama berhari-hari, anda berisiko untuk menghirup polutan yang sama. Oleh karena itu, pastikan mengganti masker setiap hari dengan yang baru atau yang bersih.