Tips Kesehatan Tubuh dari Kuku Anda

Tips Kesehatan Tubuh dari Kuku AndaDalam diri manusia tentunya ada yang disebut dengan kuku tahukah anda apa fungsi dari kuku untuk kehidupan anda? Kuku fungsinya melindungi ujung jari yang lembut dan penuh urat saraf, serta mempertinggi daya sentuh. Secara kimia, kuku sama dengan rambut yang antara lain terbentuk dari keratin protein yang kaya akan sulfur.Pada kulit di bawah kuku terdapat banyak pembuluh kapiler yang memiliki suplai darah kuat sehingga menimbulkan warna kemerah-merahan. Seperti tulang dan gigi, kuku merupakan bagian terkeras dari tubuh karena kandungan airnya sangat sedikit.

Apakah anda tahu bahwa kuku di jari anda dapat menggambarkan kondisi kesehatan anda secara keseluruhan? Kuku berwarna putih, titik kemerahan, kuku sedikit berdesir, bergelombang, dan menonjol bisa menjadi tanda-tanda tubuh anda terserang penyakit. Gangguan kesehatan pada hati, paru-paru, dan jantung dapat dilihat pada kondisi kuku anda. Masih bingung dan penasaran? Simak ulasan lebih detilnya berikut ini!

Warna kuku pucat
Kuku yang terlihat pucat kadang-kadang bisa menjadi tanda bahwa tubuh anda terserang penyakit serius. Penyakit-penyakit tersebut antara lain anemia, gagal jantung kongestif, penyakit hati, dan malnutrisi (kurang gizi).

Jika sebagian besar kuku cenderung berwarna putih pekat dengan pinggiran berwarna gelap, ini dapat mengindikasikan bahwa tubuh anda mempunyai masalah pada liver, seperti hepatitis.

Kuku berwarna kuning
Salah satu penyebab paling umum dari kuku kuning adalah infeksi jamur. Jika infeksi semakin memburuk, kuku akan menebal dan hancur. Dalam kasus yang jarang terjadi, kuku kuning dapat mengindikasikan kondisi kesehatan seseorang yang semakin buruk dan lebih serius, seperti penyakit tiroid yang parah, penyakit paru-paru, diabetes, atau psoriasis.

Kuku berwarna kebiruan
Kuku dengan warna kebiru-biruan dapat berarti tubuh tidak mendapatkan cukup oksigen. Ini bisa mengindikasikan adanya infeksi di paru-paru, seperti pneumonia. Beberapa masalah jantung juga dapat dikaitkan dengan kuku kebiruan.

Kuku berdesir, berkerut, atau bergelombang
Jika permukaan kuku terlihat berkerut, berdesir, atau bergelombang, ini mungkin merupakan tanda awal dari psoriasis atau peradangan arthritis. Perubahan warna pada kuku adalah hal yang umum; kulit di bawah kuku dapat berwarna coklat-kemerahan.

Kuku retak atau sobek
Kuku kering dan rapuh yang sering retak atau terbelah telah dikaitkan dengan penyakit tiroid. Keretakan pada kuku yang diiringi dengan warna kekuningan kemungkinan diakibatkan oleh infeksi jamur.

Lipatan kuku membengkak
Jika kulit di sekitar kuku tampak merah dan bengkak, umumnya ini dikenal dengan peradangan lipatan kuku. Hal ini mungkin akibat dari penyakit lupus atau gangguan jaringan ikat yang lain. Infeksi juga dapat menyebabkan peradangan pada lipatan kuku.

Garis berwarna gelap di bawah kuku
Garis-garis berwarna gelap di bawah kuku harus diselidiki sesegera mungkin. Tanda ini kadang-kadang disebabkan oleh melanoma, jenis kanker kulit yang paling berbahaya.

Sering menggigit kuku
Menggigit kuku mungkin tidak lebih dari sebuah kebiasaan lama, namun dalam beberapa kasus, hal itu bisa menjadi tanda-tanda seseorang mengalami kecemasan secara persisten. Sering menggigiti kuku dapat dikaitkan dengan gangguan kesehatan mental obsesif-kompulsif.