Tips Diet Sehat dengan Buah Anggur

Tips Diet Sehat dengan Buah AnggurSalah satu manfaat yang dapat kita temukan dalam kandungan buah-buahan adalah dengan rasanya yang enak selain itu ternyata buah-buahan juga bernilai positif mengenai kesehatan manusia contohnya dengan buah anggur selain rasanya yang nikmat buah anggur juga ternyata dapat membuat tubuh anda yang gemuk bisa lansing dan ini adalah buah yang dapat anda gunakan untuk diet sehat anda. Mengkonsumsi buah anggur secara rutin dan teratur terbukti bisa membantu menurunkan berat badan dan menjaganya tetap ideal.

1. Memblok proses seluler
Sebuah penelitian untuk mengetahui manfaat buah anggur telah dilakukan oleh dua ilmuan dari Purdue Uneversity yaitu Kee-Hong Kim  dan Jung Yeon Kwon. Mereka menemukan bahwa senyawa dalam minuman anggur merah, buah anggur dan beberapa jenis buah lainya yang mirip dengan struktur resveratrol. Senyawa ini mampu memblok proses seluler yang memungkinkan sel-sel lemak untuk berkembang.

2. Memblok sel lemak yang belum matang
Kedua ilmuan tersebut juga melaporkan bahwa dalam anggur terdapat senyawa piceatannol yang memiliki kemampuan untuk memblok sel lemak yang belum matang untuk tumbuh dan berkembang. Piceatannol ini juga baik untuk kesehatan tubuh karena dipercaya mampu memerangi kanker, penyakit jantung dan penyakit neurodegeratif. Para ilmuan-pun berpendapat, bahwa piceatannol mungkin dapat menjadi salah satu “senjata penting” untuk melawan obesitas

3. Peranan Piceatannol untuk penderita obesitas
Piceatannol merupakan hasil dari perubahan Resveratrol. Perubahan ini terjadi dalam tubuh manusia setelah mengkonsumsi makanan yang mengandung senyawa tersebut.

Piceatannol memiliki kemampuan untuk merubah ekspresi gen, fungsi gen dan kerja insulin selama adipogenesis yaitu proses awal sel lemak berubah menjadi sel lemak matang. Dengan keberadaan piceatannol, maka proses adipogenesis dapat ditunda atau dihambat.

Selama periode 10 hari atau lebih, sel-sel lemak yang ada di dalam tubuh biasanya belum terlalu matang, fase ini disebut preadipocytes. Namun setelah melalui beberapa tahapan, sel-sel lemak itu berubah menjadi matang, atau biasa disebut adipocytes.

Piceatannol mampu mengikat reseptor insulin dari sel-sel lemak yang belum matang pada tahap pertama proses adipogenesis. Piceatannol juga bekerja dengan menghalangi jalur sel-sel lemak untuk berproduksi dan tumbuh.

Penelitan tentang Piceatannol yang juga terkandung dalam biji dan kulit anggur, blueberry, markisa dan buah lainnya hingga kini masih dilakukan untuk lebih mengetahui manfaat dan khasiatnya bagi kesehatan tubuh selain dari peranannya untuk menghambat proses pematangan lemak dalam tubuh.

Dengan membaca artikel diatas, tentunya anda tidak perlu ragu lagi untuk meneruskan mengkonsumsi buah anggur, karena manfaat buah anggur untuk diet sudah bisa dibuktikan secara ilmiah.