Tips Mengamankan Data Diri di Dunia Maya

Tips Mengamankan Data Diri di Dunia MayaSekarang ini orang bisa sukses dengan adanya dunia internet yang bisa akses dimana saja bagi orang-orang yang berkecimpung dalam penjualan internet atau internet marketing tapi sebelum itu anda sebaiknya berhati-hati karena semakin berkembangkanya dunia maya, maka semakin banyak juga orang-orang yang dapat menipu didunia maya sampai-sampai dapat membobol situs-situs yang dianggap penting. Jangan khawatir kumpulan tips hadir memberikan beberapa tips buat anda untuk mengamankan data diri di dunia maya berikut ulasannya.

1. Buat Password
Membuat password untuk masuk ke akun jejaring sosial atau mengakses gadget Anda merupakan langkah paling mudah untuk melindungi data pribadi Anda.? Memiliki gadget tanpa adanya password, seperti meninggalkan mobil dalam keadaan tidak terkunci. Tentu akan membuat data Anda rawan dicuri. Jika anda ingin membuat password sangat baik bila anda mengacaknya dengan angka, huruf besar kecil dan juga dengan spasi.

2. Jangan malas untuk sign-out
Melakukan langkah sign-out setelah beraktifitas di jejaring sosial atau dunia maya juga terbukti efektif untuk mengurangi angka aksi hack terhadap akun Anda. Hal ini sangat perlu Anda lakukan terlebih jika Anda menggunakan fasilitas umum seperti Warnet untuk melakukan aktivitas online.

3. Jangan berikan nomor telepon/alamat email sembarangan
Memberikan nomor telepon dan alamat email sembarangan juga merupakan tindakan yang harus Anda hindari. Hal ini untuk menghindari adanya tindakan scam atau bahkan peretasan terhadap alamat email atau ponsel Anda.

4. Buat enskripsi di komputer
Mengenkripsi komputer Anda berarti seseorang harus memiliki password Anda (atau kunci enkripsi) untuk dapatkan akses ke hard drive Anda. Pada Mac, Anda hanya perlu pergi ke pengaturan, pilih menu ‘Security and Privacy,’ pergi ke ‘FileVault’, pilih menu ‘Aktifkan FileVault’ dan PC Anda sudah terenkripsi. Untuk PC biasa, Amda bisa menggunakan layanan BitLocker.

5. Buat langkah bertingkat untuk log-in email Anda
Pengamanan bertingkat ini bisa Anda terapkan untuk lebih mengamankan akun email Anda. Layanan yang disediakan Gmail dengan nama 2-step Authentication ini bisa Anda terapkan dengan mudah.

6. Gunakan uang tunai
Membatasi penggunaan kartu kredit atau kartu debit juga akan mengamankan akun bank Anda dari tindakan pencurian uang. Gunakanlah uang cash untuk membayar hal-hal kecil seperti ketika membeli camilan di supermarket atau bahkan ketika membeli fastfood.

7. Ubah pengaturan privasi jejaring sosial
Ubah tingkatan privasi jejaring sosial juga efektif mengurangi risiko peretasan akun milik Anda.
Semisal di Facebook, Anda bisa langsung ubah tingkatan privasi ini menjadi ‘Friends Only’ dari ‘Public’ untuk lebih mengetahui siapa saja yang bakal terima dan mengakses postingan Anda.

8. Hapus history dan chace browser secara berkala
Hal ini mungkin sering Anda lupakan, namun menghapus history dan chace browser secara berkala akan menyulitkan pihak tak bertanggungjawab untuk menyusuri jejak dan kebiasaan online Anda.

9. Buat IP masker
Untuk menghapus jejak Anda saat berselancar di dunia maya, Anda juga bisa menggunakan IP master. Sehingga Anda mendapatkan privasi penuh untuk berselancar di dunia maya tanpa ada satu pun yang bisa melacak jejak Anda.

10. Gunakan Google Alerts
Layanan Google Alerts juga bisa membantu Anda untuk memantau aktivitas online Anda beserta konten yang Anda sukai. Untuk melakukan pendaftaran, Anda cukup menuju halaman