Tidur yang Cukup Buat Diet Sehat

Tidur yang Cukup Buat Diet SehatTidur adalah aktifitas yang memberikan waktu kepada tubuh anda untuk beristirahat dan menenakan anggota tubuh dan tentunya menemukan banyak mamfaat buat kesehatan tetapi percayakah anda bila melakukan tidur yang cukum memberikan efek postif buat kelangsingan tubuh?

Waktu tidur yang kurang dapat mempengaruhi tingkat BMR ( Basal Metabolic Rate ) dalam tubuh. BMR merupakan kebutuhan minimal kalori manusia agar tetap bisa bertahan hidup walaupun tubuh dalam keadaan beristirahat atau tidak dalam melakukan aktivitas. Efek dari kurangnya waktu tidur akan menyebabkan munculnya gangguan metabolisme tubuh. Dengan adanya gangguan ini, menyebabkan proses pembakaran lemak dalam tubuh akan menurun.

Salah satu penelitian yang dilakukan  oleh chocago University menyebutkan bahwa orang dengan waktu tidur sedikit akan memiliki kecenderungan kelebihan berat badan walaupun mereka ini sedang dalam program diet.

Dalam penelitian ini, para peneliti melakukan test pada 10 orang paruh baya dengan berat badan berlebih dengan indeks massa tubuh 27,4. Kemudian 10 orang tersebut dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok satu diharuskan untuk melakukan diet rendah kalori dan tidur selama 5 jam setiap malam, dan kelompok ke dua juga diharuskan untuk diet rendah kalori tapi  diberikan waktu tidur yang lebih lama , yaitu 8 jam pada malam hari.

Dari hasil penelitian tersebut, diperoleh bahwa mereka dengan waktu tidur 8 jam dimalam hari dapat menurunkan kadar lemak dalam tubuhnya lebih banyak dibandingkan dengan mereka yang memiliki waktu tidur 5 jam dimalam hari.

Apa sebenarnya yang menyebabkan Perbedaan Hasil Diatas?
Adanya perbedaan yang dicapai dalam proses penurunan berat badan dari hasil penelitian tersebut, dikarenakan dalam tubuh manusia terdapat satu hormon yang mempengaruhi hasil keduanya. Hormon tersebut dinamakan ghrelin. Hormon Ghrelin merupakan hormon yang  bertugas untuk menyimpan cadangan lemak dalam tubuh. Bila tubuh kurang istirahat / tidur, maka jumlah hormon tersebut akan meningkat sehingga mengakibatkan terjadinya peningkatan penyimpanan lemak dalam tubuh. Selain itu dengan meningkatnya hormon ghrelin dalam tubuh, akan memicu rasa lapar dan mendorong seseorang untuk makan melebihi porsi normal. Efek buruk lainnya dari hormon ini yaitu dapat menstimulasi otak sehingga program diet yang kita jalani terasa berat dan menyiksa , Hal ini akan mendorong anda untuk memutuskan program diet yang sudah anda jalankan.

Oleh karena itu, mulai sekarang perbaiki waktu tidur anda, sehingga program diet yang anda jalankan bisa berjalan dengan sempurna.Tapi perlu diingat juga, tidur yang cukup untuk menurunkan berat badan tentu tidak akan berhasil juga bila anda tidak mengurangi konsumsi makanan terutama yang memiliki indeks glikemik tinggi dan juga malas dalam menjalankan olahraga dengan benar.