Tips Menjaga Kadar Emisi Dengan Rawat Katalitik Konverter

Tips Menjaga Kadar Emisi Dengan Rawat Katalitik KonverterSalah satu perangkat penting dalam sistem pembuangan kendaraan adalah katalitik konverter (Catalytic Converter). katalitik konverter memberikan penyaringan agar pembuangan tidak memberikan racun buat manusia dengan adanya regulasi batas emisi, perangkat ini menjadi ujung tombak agar kadar emisi Anda tetap stabil. Hal ini disebabkan karena kegunaannya dalam menyaring udara sisa pembakaran agar menjadi lebih bersih.

Mengingat fungsinya, tentu perangkat ini bertujuan untuk mengurangi kadar emisi pembuangan kendaraan. Namun, ternyata fungsi tersebut tak hanya sampai disitu, perangkat ini pun mengizinkan pembakaran yang sempurna sehingga konsumsi bahan bakar Anda menjadi lebih efisien.

jaga kadar emisi dengan rawat katalitik konverterSisa pembakaran pada umumnya memproduksi beberapa substrat seperti nitrogen oksida, karbon monoksida dan hidrokarbon yang berbahaya. Tak hanya menyebabkan polusi udara tetapi juga membahayakan jika udara tersebut berbalik ke mesin. Dengan konverter katalis, substrat berbahaya tersebut diubah menjadi substrat yang lebih ramah lingkungan yaitu karbon dioksida, air dan nitrogen.

Namun perlu dipahami bahwa perangkat ini pun menjadi salah satu indikator keadaan mesin Anda. Konverter katalis yang rusak biasanya disebabkan karena pembakaran yang tidak baik pada mesin. Suhu pembuangan yang terlalu panas berisiko merusak katalis, selain itu tumpukan kotoran pembuangan pada katalis menyebabkan penyumbatan udara yang berdampak pada kerusakan mesin.

jaga-kadar-emisi-dengan-rawat-katalitik-konverterUntuk merawat konverter katalis tidak perlu dilakukan dengan membedah komponen tersebut. namun cukup dengan melakukan perawatan rutin pada mesin kendaraan. Selain itu pemilihan bahan bakar yang tepat atau dengan pemberian fuel additive mampu menggerus sisa pembuangan yang menempel pada konverter katalis.