Memilih Minuman untuk Program Diet Anda

Memilih Minuman untuk Program Diet AndaJika anda seorang yang sedang menjalankan program untuk melakukan diet tentunya memperhatikan betul pola-pola dalam memilih makanan maupun minuman tetapi terlihat sekarang orang yang melakukan program diet mereka hanya memperhatikan menu makanan saja dan kurang memperhatikan minuman dalam diet mereka. Dan akhirnya, diet yang dijalankan tidak memperoleh hasil sempurna, karena ternyata minuman yang mereka konsumsi menyumbang asupan kalori cukup besar. Oleh karena itu, mulai sekarang anda harus mengetahui jenis minuman apa saja yang tepat untuk diet anda.

Memilih jenis minuman tepat untuk anda masukkan kedalam menu diet merupakan salah satu langkah bijak untuk membantu mensukseskan program diet anda. Karena terkadang, kita tidak menyadari bahwa minuman yang selama ini kita konsumsi menjadi satu penyebab diet yang kita jalankan selalu gagal.

Di bawah ini ada beberapa jenis minuman yang sebaiknya anda minum atau hindari :
1. Minuman Bersoda
Dibalik sifatnya yang bisa menyegarkan tubuh, ternyata minuman bersoda umumnya mengandung kalori tinggi. Disamping itu, kandungan gizi dalam minuman bersoda tidak memiliki nilai gizi  seperti  vitamin dan mineral. Selain itu, didalam minuman ini terkandung kadar gula tinggi. Terdapat juga kandungan asam , karbondioksida, serta zat aditif lainnya ( pengawet & pewarna makanan ). Semua zat tersebut akan merusak kesehatan bila terus masuk kedalam tubuh dalam jangka waktu lama.

2. Air Putih
Air putih sangat baik untuk dijadikan sebagai minuman dalam diet. Air putih dapat mengurangi asupan kalori berlebih dalam tubuh. Konsumsi air putih paling sedikit 2 gelas sebelum makan, cukup efektif untuk mengurangi rasa lapar sehingga anda tubuh bisa terhindar dari konsumsi makan berlebih. Peranan lain dari air putih yaitu membantu melancarkan pencernaan dan buang air besar.

3. Jus buah
Jus buah baik untuk dijadikan sebagai salah satu minuman diet anda, asalkan anda tidak menambahkan gula atau bahan pemanis lainnya. Kandungan nutrisi  lainnya dalam jus buah seperti vitamin bermanfaat untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat walaupun anda sedang menjalankan diet.

4. Minuman Berenergi
Minuman berenergi umumnya mengandung gula tinggi seperti halnya minuman bersoda. Memang ada komponen lainya seperti vitamin dan mineral dalam jumlah sedikit. Tapi sebaiknya anda mengeluarkan minuman jenis ini dalam menu diet karena efek negatifnya lebih tinggi dibandingkan manfaatnya untuk diet anda.

5. Kopi Hitam
Kopi hitam cukup aman untuk dijadikan sebagai menu minuman diet karena bebas kalori, tapi tentu dengan porsi tidak berlebihan dan juga tambahan sedikit gula. Kopi hitam juga kaya antioksidan yang dapat menghambat tumbuhnya sel-sel kanker, semangat dan juga konsentrasi dapat meningkat ketika anda mengkonsumsi kopi hitam.

6. Green Tea
Minuman ini paling dianjurkan untuk dikonsumsi ketika diet. Penelitian menyebutkan, bahwa dalam setiap cangkir teh hijau mengandung kurang lebih 120 hingga 240 mg polifenol. Zat ini bersifat antioksidan dan dipercaya mampu membantu menurunkan berat badan serta melancarkan pencernaan.

Setelah membaca artikel tentang minuman untuk menu diet diatas, semoga anda bisa berpikir bijak untuk memilih jenis minuman untuk anda pilih atau disingkirkan sebagai menu diet. Semoga artikel ini bermanfaat buat anda semua.