Tips Berinvestasi Buat Mahasiswa Pemula

Tips Berinvestasi Buat Mahasiswa PemulaTIPSLOGI.COM – Kami yakin bahwa anda adalah seorang mahasiswa yang ingin serius dalam berinvestasi, sehingga mencari bagaimana cara berinvestasi buat mahasiswa pemula. Untuk itu pula kami akan membahas secara sederhana tentang cara berinvestasi buat mahasiswa pemula. Melakukan investasi sejak dini adalah hal yang sangat baik demi masa depan Anda.

Siapa bilang mahasiswa tidak bisa berinvestasi. Justru berbalik dari pandangan umum tersebut, mahasiswa sudah seharusnya bisa memulai sejak di bangku kuliahnya tersebut. Tidak cukup hanya menabung saja sebab hasil yang Anda dapatkan dari bunga bank tidaklah tinggi. Belum lagi masih tergerus inflasi yang pasti terjadi tiap. Kalau bunga bank yang Anda dapatkan tiap tahunnya nilai lebih kecil dari inflasi yang terjadi, itu berarti juga tabungan Anda akan menyusut sedikit demi sedikit. Oleh karena itu, sangat penting untuk mulai berinvestasi.

Investor Akan Dibekali
Sebenarnya mahasiswa tidak perlu takut untuk terjun ke dunia investasi saham. Investasi saham untuk mahasiswa pasti bisa dipelajari karena calon investor akan dibekali dengan pengetahuan mengenai bursa efek sebelum terjun. Mahasiswa akan diberikan panduan pula mengenai pergerakan saham oleh para broker dari pihak bank securities apabila tidak sempat untuk memantau.

Investasi Saham untuk Mahasiswa dalam Bentuk Reksadana
Salah satu investasi saham termurah yang bisa mahasiswa coba adalah reksadana. Bahkan ketika uang bulanan yang diberikan oleh orang tua Anda kelihatannya sangat pas-pasan dan kecil, Anda pasti bisa! Bagaimana caranya, berikut beberapa tips sederhana yang bisa Anda terapkan sebagai mahasiswa:

1. Uang jajan yang diberikan oleh orang tua langsung dibagi menjadi kebutuhan hidup dalam waktu 4 minggu.

2. Usahakan agar Anda menggunakan HANYA satu ponsel saja agar biaya pulsa tidak bertambah. Sadar tidak sadar, memiliki lebih dari satu ponsel mengharuskan kita menambah jumlah total pulsa kita per bulannya.

3. Sisihkan Rp 1.000 per harinya untuk tabungan. Kelihatannya kecil tapi coba kita hitung-hitung. Enam bulan jumlah uang akan menjadi Rp 180.000. Nah, Anda bisa menginvestasikannya ke reksadana saham dengan imbalan sampai 20% per tahun. Nah, apabila Anda bisa menjaga kebiasaan tersebut selama 35 tahun, nilai uang yang Anda punya dapat mencapai 1 milyar! Padahal hanya dengan menyisihkan uang sebesar Rp 1.000 setiap harinya.

4. Punya disiplin untuk tidak mengambil uang dari tabungan yang akan digunakan untuk berbelanja. Biarkan reksadana saham tersebut hingga 35 tahun hingga 40 tahun dan lihat hasil luar biasa dari tindakan biasa.