Pertimbangan Sebelum Mengukur Suhu Tubuh Anak dengan Rektal

Pertimbangan Sebelum Mengukur Suhu Tubuh Anak dengan RektalTIPSLOGI.COM – Bagi orang tua yang memiliki anak yang terserang demam tentunya untuk mengatasinya dengan menggunakan termometer yang ditempelkan di kening atau di ketiak. Sebetulnya dengan menggunakan cara seperti ini sangatlah praktis namun ada yang terbaru dan tidak kalah praktisnya yaitu dengan hanya menempelkan thermometer elektrik di bagian telinga. Sedangkan untuk menggunakan pengukur suhu tubuh dengan menggunakan rektal (cara penggunaan obat yang diberikan melalui lubang pada tubuh, misalnya anus atau saluran kencing) sedikit sulit untuk dilakukan.

Yang lebih disayangkan adalah, sampai saat ini mengukur tubuh anak hanya dengan meraba dengan telapak tangan juga masih sering dilakukan para orang tua. Salah satu alasannya adalah, karena tidak menyediakan termometer di rumah. Termometer model air raksa, masih menjadi termometer terfavorit, walaupun hal ini sudah tidak disarankan oleh American Academy of Pediatrics, karena terkadang kurang akurat dan sulit pengaplikasiannya, terutama saat Anda ingin mengukur suhu tubuh anak melalui rektal.

Memang mengukur suhu tubuh anak melalui rektal adalah cara yang paling baik untuk benar-benar mengetahui suhu tubuh anak sebenarnya, dibandingkan bagian lainnya. Jika Anda sulit melakukannya, berikut beberapa tips yang diberikan oleh American Academy of Pediatrics ketika Anda ingin mengukur suhu tubuh Anak melalui rektal.

1. Pilihlah thermometer yang memiliki ujung bulat, agar lebih mudah saat Anda memasukan ke bagian rektal.
2. Sebelum mengukur, bersihkan terlebih dahulu bagian ujung thermometer dengan air atau dengan alkohol, agar steril.
3. Untuk menghindari rasa sakit, Anda bisa melumasi ujung thermometer dengan lubrikan larut air.
4. Posisikan anak dalam posisi menelungkup di pangkuan Anda, atau pada permukaan yang rata.
5. Posisi terlentan juga diperbolehkan, bila anak bisa merasa lebih nyaman
6. Jika Anak tidak bisa tenang, minta bantuan orang lain untuk mengukur suhu anak melalui rektal.
7. Secara perlahan masukkan termometer yang sudah diberi pelumas sejauh 1-2 cm. Lakukan dengan lembut dan tidak memaksa jika ada tahanan dari anak.
8. Tahan termometer di antara ibu jari dan telunjuk, sementara gunakan tangan lainnya untuk memegang bokong bayi.
9. Biarkan beberapa saat sampai terdengar bunyi bib. Jika sudah selesai, lihat angka yang tertera pada thermometer tersebut.

Memang proses mengukur suhu tubuh anak melalui rektal sedikit lebih rumit. Dengan mengikuti petunjuk yang diberikan, semoga Anda bisa melakukannya dengan baik. Cara ini adalah cara yang terbaik untuk mengetahui suhu tubuh anak yang sebenarnya.