Tips Menyembuhkan Kulit Jari yang Retak-Retak

Tips Menyembuhkan Kulit Jari yang Retak-RetakKulit jari anda retak-retak atau mengelupas? Mungkin hal tersebut karena pengaruh cuaca yang terlalu dingin atau bisa juga karena pengaruh kulit jari anda terlalu kering.

Penyebab kulit jari mengelupas ataupun retak-retak bisa juga karena pengaruh medis tertentu yang sedang anda alami.

Dan untuk jelasnya penyebab kulit jari kering, mengelupas ataupun retak-retak, berikut pembahasan singkatnya.

Kondisi cuaca ekstrem bisa menyebabkan kulit jari kering dan retak-retak yang mungkin diperparah lagi ketika bersentuhan dengan air atau deterjen yang keras dan sejenisnya.

Kulit jari yang mengelupas dan kering juga dapat menjadi indikasi kekurangan vitamin dan mineral tertentu dalam tubuh. Kondisi medis seperti psoriasis, eksim, infeksi kulit jamur, kulit kering, kulit bersisik, dermatitis kontak dan sindrom Sjogren, juga bisa bertanggung jawab untuk menyebabkan hal yang sama pada beberapa orang.

Tips Menyembuhkan kulit jari yang retak-retak

Kulit jari bisa diatasi dengan melibatkan penerapan bahan pelembab kulit yang baik. Namun dalam memilih salah satu pelembab yang anda akan gunakan, jangan asal membeli sembarang pelembab.

Saat hendak membeli krim pelembab, jangan hanya berpatokan pada harga krim pelembab mahal. Anda bisa memilih pelembab yang berbahan alami seperti krim yang berbahan minyak jelly dan minyak alami sejenisnya, yang penting tidak menimbulkan iritasi pada kulit jari anda.

Selain itu, jangan lupa mencuci tangan dengan sabun berbahan ringan dan lembut sebelum anda tidur malam lalu menerapkan bahan pelembab anda.

Selain miinyak jelly, anda juga dapat menggunakan minyak almond atau minyak kelapa untuk melembabkan kembali kulit jari yang retak-retak.

Jangan mandi menggunakan air hangat karena hal ini dapat lebih mengeringkan kulit jari anda.
Beberapa pengobatan rumah lainnya seperti:

– Siapkan campuran vitamin E dan minyak almond. Rendam tangan dalam air hangat dan kemudian rendam kembali jari tangan anda dalam bahan campuran vitamin E dan minyak almond tadi.

– Lumuri kulit jari anda dengan pasta pisang masak.
– Gunakan ramuan campuran cocoa butter dan minyak kelapa.
– Gunakan daging buah alpukat yang telah dilumat sebelumnya.

– Gunakan lilin lebah, lanolin dan minyak jarak lalu mengencerkannya. Anda dapat menggunakan campuran tersebut pada kulit jari yang retak-retak setelah ramuan telah dingin.
– Cara yang paling sederhana adalah menggunakan bahan pasta dari yogurt dan jus lemon.

Jika masalah kulit pecah-pecah disebabkan oleh kondisi lingkungan seperti cuaca dingin, air atau deterjen, maka tips di atas cukup baik untuk anda gunakan.

Namun, metode diatas mungkin tidak cukup efektif jika kondisi ini disebabkan oleh beberapa penyakit yang mendasari. Misalnya, jika kulit jari yang retak-retak karena eksim maka anda sebaiknya menggunakan obat anti gatal.

Untuk kasus eksim yang parah, mungkin diperlukan krim atau salep kortikosteroid, antibiotik, antihistamin oral dan atau imunomodulator.