Diet Terbaik Untuk Penderita Diabetes

Diet Terbaik Untuk Penderita DiabetesDiabetes adalah suatu kondisi dimana tingginya kadar gula dalam darah yang jika dibiarkan berlarut-larut dapat merusak organ tubuh serta beberapa komplikasi lainnya.

Oleh karena itu, untuk menyembuhkan diabetes tersebut tentunya terlebih dahulu menormalkan kembali kadar gula dalam darah. Dan untuk menormalkan kembali gula darah, penderita diabetes perlu merancang kembali diet mereka serta menghindari makanan yang mengandung kadar gula tinggi.

Nah bagi anda yang sedang mencari informasi mengenai diet yang bisa menormalkan kembali kelebihan kadar gula dalam darah anda, berikut ini adalah pembahasan mengenai diet terbaik untuk penderita diabetes.

Ketika tubuh tidak dapat memetabolisme gula secara efektif, diet rendah karbohidrat bisa membantu mengontrol kadar gula darah. Selain itu, dengan diet rendah karbohidrat juga dapat membantu penderita diabetes dalam menurunkan kelebihan berat badan serta dapat membantu menjaga kadar glukosa darah dan trigliserida ke level normal.

Diet rendah karbohidrat dianggap sebagai diet terbaik bagi penderita diabetes yang telah didiagnosis dengan kadar kolesterol tinggi. Dengan diet rendah karbohidrat tentunya juga dapat membantu menormalkan tekanan darah tinggi yang juga merupakan komplikasi dari diabetes.

Sebaliknya, untuk menurunkan kadar kolesterol dan perawatan diabetes, penderitanya harus memperbanyak konsumsi buah dan sayuran ( karbohidrat kompleks dengan indeks glikemik rendah) dan dihindari sama sekali mengkonsumsi daging.

Pilihan makanan terbaik untuk penderita diabetes yaitu dengan memperbanyak komsumsi makanan yang tinggi serat agar tubuh mereka terasa kenyang dalam waktu yang lama.

Selada, brokoli, bayam, buncis, wortel, seledri, tomat, kubis, paprika, apel, stroberi, semangka, jeruk bali, pepaya, jambu biji, dll dapat dimasukkan dalam diet karena beberapa jenis buah dan sayuran tersebut menyediakan nutrisi penting seperti vitamin, mineral, serat dan antioksidan untuk meningkatkan kesehatan mereka.

Selain beberapa makanan yang dianjurkan untuk penderita diabetes diatas, berikut adalah beberapa jenis makanan yang sebaiknya (harus ) untuk dihindari oleh penyandang diabetes.

Makanan yang harus dihindari dengan diabetes termasuk makanan yang tinggi natrium, makanan asin dan yang manis-manis.

Selain itu hindari pula mengkonsumsi makanan yang berlemak tinggi dan berkolesterol tinggi. Makanan olahan dan kalengan, minyak lemak tinggi dan makanan gorengan (ayam atau ikan goreng) juga harus dihindari.

Dan hal yang penting untuk diingat oleh penderita diabetes bahwa mereka harus mengkonsumsi makanan dengan porsi sedikit dan sering-sering makan serta tidak boleh lapar selama beberapa waktu lamanya.