7 Tips Alami Untuk Perawatan Kulit Wajah

Perawatan Kulit WajahMerawat kulit wajah memang butuh biaya banyak jika kita terus mengandalkan produk kosmetika yang dikomersialkan. Tapi jika anda ingin sedikit berhemat dalam merawat kulit anda, cobalah mengikuti 7 tips alami untuk perawatan kulit wajah yang akan dibahas dalam artikel kali ini.

Menggunakan bahan perawatan alami belum tentu kalah efektif dalam merawat kulit wajah anda. Bahkan dengan menggunakan bahan alami tentunya lebih aman dan tidak menyebabkan efek negatif lainnya pada kulit.

Selain itu, jika anda memiliki kulit sensitif sangat disarankan menggunakan produk berbahan alami daripada mencoba kosmetika berbahan kimia.

Membahas mengenai perawatan kulit juga tidak terlepas dari pembersihan, pengelupasan, toning, pelembab, pelindung matahari dan pembersihan noda-noda kulit. Dan berikut ini adalah 7 tips alami dalam merawat kulit yang bisa anda coba.

1. Anda harus mencuci muka dua kali sehari, pagi dan sore hari .

Mencuci kulit wajah secara rutin dua kali sehari dimaksudkan untuk menghilangkan debu, minyak kulit yang berlebihan dan sisa makeup pada kulit wajah anda.

Dan untuk membersihkan wajah anda, cobalah gunakan madu sebagai bahan pembersih wajah sebagai pengganti sabun anda.

Oleskan madu dan pijat dengan lembut selama beberapa menit dan kemudian bilas dengan air hangat. Jangan gunakan air yang sedikit panas atau air yang dingin untuk mencuci wajah anda.

2. Pengelupasan kulit sangat penting untuk menghilangkan sel-sel kulit mati.

Pengelupasan kulit secara teratur juga dapat mencegah munculnya garis-garis halus dan kerutan pada kulit wajah anda.

Dengan melakukan eksfoliasi kulit secara rutin dan teratur akan menghasilkan kulit yang lebih halus segar dan tetap lentur.

Anda dapat mempersiapkan scrub wajah alami dengan mencampur kopi bubuk dan minyak zaitun.

Ketika melakukan pengelupaskan kulit anda, jangan menggosok kulit wajah terlalu kasar atau keras karena dapat menyebabkan kerusakan. Sering menggosok kulit wajah juga tidak baik tetapi sebaiknya cukup dua kali dalam seminggunya.

3. Setelah membersihkan wajah, Anda harus menggunakan toner.

Penggunaan toner untuk menyempurnakan pembersihan kulit anda. Toner kulit juga dimaksudkan untuk mengencangkan pori-pori yang mungkin telah membuka saat membersihkan wajah anda.

Anda dapat menggunakan toner buatan sendiri terdiri dari 50 ml air mawar, 100 ml gliserin, dan ½ sdt tawas. Selain itu, menggunakan air rebusan dari daun mint segar juga dapat berfungsi sebagai toner yang sangat baik.

4. Langkah terakhir Melembabkan kulit.

Melembabkan kulit dimaksudkan untuk membantu dalam menjaga kelembaban kulit sehingga kulit senantiasa tetap lembut dan lentur.

Jadi dalam melembabkan kulit dengan cara hemat, anda bisa gunakan minyak zaitun dan minyak almond sebagai pelembab alami kulit wajah anda.

Caranya, Setelah anda mencuci wajah anda, keringkan dengan handuk lembut (tapi jangan menggosoknya) lalu oleskan minyak saat kulit masih dalam kondisi basah.

Untuk melindungi wajah anda dari radiasi berbahaya dari matahari, anda sebaiknya menggunakan lotion tabir surya yang berbahan alami .

5. Setelah kulit terpapar sinar matahari yang berlebihan, kulit anda cenderung gelap dan kering dan kasar.

Nah, untuk mendinginkan kembali area kulit yang tersengat matahari, gunakan pasta tebal yang terbuat dari bubuk kunyit dan air jeruk. Simpan selama 20 menit dan kemudian bilas dengan air dingin.

Bahan penenang kulit yang telah tersengat sinar matahari, anda juga bisa gunakan gel lidah buaya segar pada area kulit yang bermasalah.

6. Komedo, jerawat, bekas jerawat gelap, dll, adalah masalah kulit utama lainnya yang membuat wajah anda bisa terlihat kusam.

Nah, untuk menghilangkan komedo, anda bisa gunakan alat berupa blackhead extractor atau pori strip.
Untuk permasalahan jerawat, lebih baik diobati dengan bubuk cendana yang telah dicampur dengan air. Bahan ini sudah sering dibuktikan khasiatnya dalam meminimalkan jerawat anda.

Mengenai noda bekas jerawat, cobalah gunakan ramuan dari air mawar, jeruk nipis dan gliserin untuk menyamarkannya. Namun ha ini harus diterapkan secara teratur sebelum tidur hingga noda bekas jerawat anda memudar.

7. Untuk mencegah timbulnya kerutan pada kulit wajah, anda bisa gunakan ramuan dari kombinasi alpukat dan minyak almond.

Untuk mempersiapkan resep ini, blender alpukat kemudian tambahkan minyak almond ke dalamnya. Terapkan masker ini pada wajah anda selama 15 menit sebelum anda membilasnya.

Vitamin yang terkandung dalam buah alpukat dan minyak almond dapat mencegah kehadiran garis halus ataupun kerutan pada kulit wajah anda.

Perawatan kulit alami diatas juga harus disertai dengan gaya hidup sehat, seperti makan makanan yang tepat, minum banyak air, berolahraga secara teratur dan menjaga diri bebas stres.