5 Tips Mengatasi Ujung Rambut Yang Terlanjur Bercabang

Tips Mengatasi Rambut BercabangMengatasi rambut yang terlanjur bercabang memang butuh perlakuan khusus agar ujung rambut sehat kembali.

Mengenai bentuk perlakuan dalam mengatasi ujung rambut yang terlanjur bercabang, yaitu dengan menempuh tips 5 langkah pengobatan secara alami serta menghindari segala bentuk penyebab ujung rambut menjadi bercabang.

Lalu apa saja yang menyebabkan ujung rambut bisa bercabang? Dan bagaimana cara mengatasi hal ini, berikut pembahasannya.
Ada banyak hal yang dapat menyebabkan rambut menjadi bercabang dan pecah-pecah, misalnya sering terkena sinar matahari, menggunakan bahan kimia pada rambut, terlalu sering menggunakan styling rambut ikal atau alat untuk pelurus rambut.

Dalam dunia kecantikan rambut bercabang biasa diistilahkan dengan trichoptilosis dimana rambut pecah pada bagian ujung yang diawali dengan perubahan warna dan tekstur rambut. Hal ini terjadi ketika kutikula sebagai pelindung batang rambut mengelupas karena beberapa penyebab diatas.

Untuk mengatasi ujung rambut yang terlanjur bercabang, ada 5 Tips tahap perawatan alami yang bisa praktekkan dirumah, seperti:

1. Potong ujung rambut yang bercabang

Sebelum melakukan perawatan rambut, langkah awal yang harus dilakukan adalah memotong ujung rambut yang rusak dan bercabang untuk merangsang pertumbuhan rambut yang lebih sehat dan tidak bercabang lagi.

2. Pijat rambut dengan minyak alami

Gunakan minyak alami seperti minyak kelapa, minyak zaitun dan minyak almond atau menggabungkan beberapa diantara minyak diatas sebagai bahan pijat kulit kepala dan rambut.

Caranya adalah menuangkan minyak dalam mangkuk lalu masukkan mangkuk tersebut pada ir yang didihkan hingga minyak alami anda menjadi hangat.

Manfaat dari perawatan ini untuk membantu kelancaran sirkulasi darah pada kulit kepala yang pada akhirnya merangsang pertumbuhan rambut yang lebih sehat.

Lakukan pemijatan ini sekitar 30-60 menit sebelum mencuci dan keramas dengan shampo alami dan lakukan dua kali dalam minggu pertama.

3. Gunakan masker kuning telur

Langkah selanjutnya adalah setelah memasuki minggu kedua, cobalah membuat masker dari kuning telur yang dicampur dengan 3 sdm minyak zaitun dan 1 sdm madu. Aduk hingga rata lalu gunakan campuran tersebut sebagai masker rambut. Diamkan selama 60 sampai 90 menit, tutup rambut dengan shower cap atau handuk hangat sebelum mencuci rambut anda.

4. Masker pepaya

Pada minggu ketiga, haluskan 200 gram campuran pepaya dengan 2 sdm yogurt sebagai masker rambut anda. Setelah melumuri dengan masker pepaya diatas, tutup kepala dengan shower cap dan diamkan sekitar 30 menit, lalu cuci rambut anda. Penggunaan masker pepaya ini dimaksudkan untuk menutrisi rambut anda.

5. Kondisioner dari madu

Pada minggu keempat gunakan madu sebagai bahan kondisioner untuk membantu mengatasi masalah rambut bercabang.

Caranya, gunakan madu sebagai kondisioner setelah keramas secara teratur untuk membantu mengatasi ujung rambut yang pecah.

Demikianlah 5 cara alami untuk mengatasi rambut rusak dan bercabang diatas semoga cepat mengatasi rambut bercabang anda.