6 Tips Agar Mesin Motor Matic Tetap Awet Dan Tahan Lama

6 Tips Agar Mesin Motor Matic Tetap Awet Dan Tahan LamaTips merawat motor matic agar mesinnya awet dan tahan lama sebenarnya sama dengan merawat motor biasa lainnya. Dan yang membedakannya adalah jika sepeda motor biasa menggunakan rantai maka sepeda motor matic menggunakan tali Van Belt.

Dan untuk melihat apa saja tips merawat motor matic agar mesinnya awet dan tahan lama, ikuti pembahasan dibawah ini.

6 Tips Agar Mesin Motor Matic Tetap Awet Dan Tahan Lama

1. Pemanasan mesin

Saat ingin menggunakan motor matic anda, sebaiknya mesin dipanaskan dengan membiarkannya hidup (bunyi ) sekitar 5 menit tanpa memutar gasnya. Tujuan pemanasan mesin ini dimaksudkan agar supaya onderdil dalam mesin dapat terlumasi secara maksimal sebelum dikendarai.

2. Servis Berkala

Agar mesin sepeda motor matic anda awet dan tahan lama maka jangan lupa untuk menyervis motor matic anda secara berkala setiap 2 bulan sekali dibengkel resminya. Misalnya motor anda bermesin honda maka anda sebaiknya menyervis sepeda motor matic anda dibengkel resmi honda.

3. Menjaga kekentalan oli mesin

Menjaga kekentalan oli mesin salah satu tips agar mesin sepeda motor tetap awet. Anda perlu memperhatikan waktu penggunaan dan jarak tempuh kendaraan anda sehingga dengan mudah anda mengingat pergantian oli mesin anda.

4. Laju dan kecepatan kendaraan

Jika ingin mesin sepeda motor matic anda tetap awet dan tahan lama, saat mengendarai motor matic anda jangan terlalu memaksa memutar gas motor secara spontan ataupun langsung mengendurkannya secara tiba-tiba, tetapi harus dilakukan secara perlahan-lahan. Jangan pula mempertahankan tarikan gas anda sementara anda juga melakukan pengereman.

5. Pengisian tanki BBM

Jangan membiarkan tangki BBM anda selalu kurang dari setengah karena hal ini dapat membuat lapisan tangki bagian atas akan karatan yang jika suatu saat anda mengisinya dengan full, maka karatan tersebut akan masuk kedalam karburator motor anda.

6. Penggantian onderdil

Penggantian onderdil yang telah aus (kalah) harus dengan onderdil aslinya meskipun harganya sedikit mahal dibanding onderdil yang imitasi. Hal dimaksudkan agar kordinasi antar onderdil mesin berjalan dengan baik tanpa mempengaruhi alat-alat lain dalam kendaraan anda.
Demikianlah tips merawat sepeda motor matic agar mesinnya tetap awet dan tahan lama semoga menjadi masukan yang baik bagi anda yang masih pemula dalam menggunakan motor matic.