Konsumsi Buah Delima Berpengaruh Buat Kecantikan Kulit

Konsumsi Buah Delima Berpengaruh Buat Kecantikan KulitApakah anda tahu dari mana asal dari buah delima? Buah yang biasanya orang menjadikan hanya tanaman hias, tanaman obat bahkan sebagai tanaman yang buahnya dapat dikonsumsi kapanpun juga sebagai buah maupun dibuat jus ternyata datangnya sangat jauh yaitu dari timur tengah dan kini buah ini sudah banyak di Indonesia. Buah delima secara umum hanya memiliki tinggi sekitar 4-9 meter saja.

Buah delima mengandung vitamin A, C, dan E yang memberikan tubuh asupan asam folat harian. Selain itu, buah delima juga merupakan sumber yang baik bagi antioksidan yang jumlahnya bahkan tiga kali lebih banyak daripada kandungan antioksidan dalam jeruk atau teh hijau.

Namun, selain bermanfaat bagi kesehatan, buah delima juga dikenal bersifat antimikroba, antiinflamasi, dan antipenuaan. Maka dari itu, buah delima mengandung ragam manfaat bagi kulit. Berikut empat manfaat buah delima bagi kulit.

1. Melindungi dari sinar matahari
Minyak biji delima punya senyawa pelindung dari sinar matahari yang membantu kulit melawan radikal bebas. Bukan hanya mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari, kandungan ini juga membantu mencegah kanker kulit.

2. Mencegah penuaan dini
Buah delima mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang mengakibatkan penuaan dini. Kulit pun akan terhindar dari munculnya keriput, garis-garis halus, maupun bintik-bintik hitam.

3. Menyembuhkan bekas luka
Delima dan minyak delima mengandung nutrisi yang mampu meningkatkan regenerasi sel di lapisan epidermal dan lapisan dermal kulit. Selain itu, buah delima juga memfasilitasi produksi kolagen dalam kulit. Ini membantu kulit tampak lebih halus dan lembut.

4. Membuat kulit lebih bersinar
Adapun membuat kulit lebih bersinar adalah salah satu manfaat buah delima bagi kulit. Kita bisa membuat masker wajah dengan campuran pepaya, minyak biji anggur, ekstrak biji anggur, dan jus delima. Oleskan masker dan biarkan selama sekitar satu jam sebelum mencuci muka. Masker ini membantu memberikan kita kulit sehat dan bercahaya.

5. Membantu regenerasi sel
Kerusakan pada kulit sering sekali menjadi penyebab terjadinya masalah pada kulit seperti pigmentasi kulit dan juga flek hitam pada kulit. Buah delima bermanfaat untuk melindungi epidermis atau lapisan luar kulit serta meregenerasi sel kulit pada epidermis bagian kulit dalam. Selain itu buah delima juga dapat membantu tubuh dalam memproduksi antioksidan alami sehingga dapat meningkatkan sirkulasi darah, menyembuhkan luka dan memperbaiki jaringan kulit.

6. Menghilangkan jerawat
Jerawat yang mengganggu kecantikan kulit wajah dapat disebabkan oleh masalah pencernaan atau juga ketidakseimbangan hormon. Buah delima adalah sumber vitamin C yang dapat mengatur produksi sebum atau zat berminyak yang disekresikan oleh kulit kemudian dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Manfaat buah delima yaitu mengatasi masalah pencernaan sehingga dapat meningkatkan sirkulasi darah yang sehat. Jus buah delima jika dioleskan pada kulit wajah juga dapat menghilangkan jerawat.

7. Mengatasi kulit kering
Struktur molekul buah delima yang kecil mampu menembus kedalam kulit dan dapat melembabkan kulit, mengatasi kulit kering dan mengatasi kulit pecah-pecah karena buah delima mengandung asam punicic yaitu asam lemak omega 5 yang berfungsi mencegah hilangnya kelembaban kulit.

8. Mengatasi kulit berminyak
Buah delima sering digunakan sebagai bahan alami untuk produk kecantikan kulit kkarena dalam buah delima mengandung minyak delima yang bermanfaat untuk mengatasi kulit berminyak, menghilangkan jerawat dan mengatasi iritasi kulit.