Mendeteksi Masalah Mesin Mobil Secara Dini

Mendeteksi Masalah Mesin Mobil Secara DiniMasalah kerusakan mesin mobil dapat mengganggu, tetapi beberapa masalah tersebut dapat dideteksi dan diatasi lebih cepat sebelum masalah kerusakan mesin tersebut terus berlanjut dan bertambah parah.

Ada banyak orang yang menggunakan mobil untuk bepergian sehari-hari dan itu pasti sangat menjengkelkan jika mobil memiliki beberapa masalah mesin dan rusak sebelum sampai pada tujuan.

Jika mobil rusak, mendiagnosis masalah mesin mobil bisa menjadi tugas yang mudah bagi pengemudi jika mereka memiliki beberapa pengetahuan dasar tentang masalah mesin dan cara mengatasi masalah yang muncul pada mobil tersebut.

Masalah saat Start-up

Ketika Anda mencoba untuk memulai mobil, memeriksa apakah ada suara rewel. Jika tidak ada suara seperti itu, maka anda perlu memeriksa baterai dan memastikan bahwa tidak ada masalah pada kabel-kabelnya.

Sebelum melepaskan terminal baterai, amati terminal positif dan negatif baterai dan kemudian mencoba untuk mengencangkan mereka. Sebuah baterai rendah dapat dinilai oleh lampu redup, klakson rendah, lambat atau tidak ada gerakan dari wiper, dll dan perlu diisi ulang.

• Jika daya baterai sudah baik-baik saja, Anda perlu memeriksa starter karena mungkin harus diperbaiki atau diganti.
• Jika mesin bisa di nyalakan tapi berhenti; dalam kasus mobil yang menggunakan karburator, Anda perlu memeriksa choke. Starter kembali mesin, tekan pedal gas ringan dan biarkan putaran mesin sampai panas. Tapi jika Anda memiliki mobil bahan bakar injeksi, akan ada banyak masalah seperti kebocoran selang vakum, atau pada katup udara atau pada Pressure regulator.

Mesin terlalu cepat panas

Jika mesin terlalu cepat panas meski baru menempuh satu setengah kilo meter maka kemungkinan adanya asap atau uap yang keluar dari kap mesin.

• Periksa dan atur sudut pengapian.
• Periksa apakah ada masalah mekanis di mesin; seperti kompresi, dan memastikan kerja yang tepat dari termostat yang mengatur suhu.
• Tingkat pendingin mesin bisa rendah, dan jika itu terjadi, harus diisi ulang ke tingkat yang tepat. Periksa apakah ada kebocoran di sistem pendingin dan memperbaikinya secepat mungkin.
• Paking kepala silinder perlu diganti karena mungkin telah kalah.
• Sabuk drive mesin mungkin tergelincir atau rusak, mengencangkan atau menggantinya jika diperlukan.

Mesin knalpot

Ketika anda menghidupkan mesin, dan anda mendengar suara seperti kembang api dari peredam kendaraan anda mungkin ada masalah pada mesin anda.

• Anda perlu memeriksa bagian katup karena mungkin telah rusak atau terbakar. Sebuah camshaft yang rusak juga bisa menjadi masalah dan harus diperbaiki untuk menghindari masalah mesin yang serius.
• Pengaturan pengapian mungkin perlu disesuaikan.
• Pengaturan camshaft mungkin telah menyelinap, dan perlu diganti yang lebih baru.
• Kabel busi mungkin tidak tepat.

Hilangnya tingkat kecepatan mobil

Ketika anda ingin meningkatkan laju kendaraan anda namun tidak bisa bertambah laju atau bahkan bahkan bisa mengulur ketika pedal gas ditekan untuk percepatan.
• Ganti filter udara karena mungkin kotor ataupun coba periksa saringan bahan bakar karena mungkin tersumbat.
• Mungkin ada air dalam bensin. Kosongkan tangki bensin dan mengisinya dengan bahan bakar yang lebih baru.
• Periksa apakah catalytic converter anda tersendat. Jika ya, itu harus diganti.

Ini adalah beberapa langkah pemecahan masalah umum mobil yang dapat diambil bila diperlukan. Mendiagnosis masalah mesin mobil dan memperlakukan mereka sedini mungkin dapat menghindari kegagalan yang parah dan juga dapat membantu mesin mobil anda tetap awet. Lakukan servis berkala dan pemeliharaan mobil untuk membantu memberikan performa terbaik tanpa masalah gangguan pada mesin kendaraan anda.