Tips Mengobati Kutil Kelamin

Tips Mengobati Kutil KelaminKutil kelamin yang dalam dunia medisnya dikenal dengan istilah kondiloma adalah infeksi kulit yang sangat umum ditularkan melalui hubungan seksual.

Kutil kelamin sebebanrnya tidak hanya dapat ditemukan pada alat kelamin saja tetapi juga biasa ditemukan tumbuh di selaput lendir mulut, dekat anus atau di dubur.

Kutil seperti pada umumnya disebabkan oleh human papillomavirus (HPV). human papillomavirus ini merupakan virus yang sama yang dapat menyebabkan pra-kanker leher rahim hanya saja pertumbuhan pada leher rahim adalah pertumbuhan mikroskopis, sedangkan kutil pertumbuhannya biasanya jelas terlihat pada kulit.

Kebanyakan wanita yang memiliki kutil lebih nyaman dirawat oleh dokter kandungan dan bukan dokter kulit. Sementara pilihan pengobatan untuk kutil ini tersedia beberapa pilihan, tergantung pada tingkat keparahan dan seberapa cepat anda mengingin kutil anda dihilangkan.

Aplikasi topikal dari krim respon imun

Resep obat krim respon imun dapat diterapkan sendiri dirumah , biasanya tiga kali seminggu pada waktu hendak tidur kemudian dicuci pada pagi harinya. Terapi ini dapat memamkan 4-6 minggu untuk menyelesaikan (menyembuhkan) kutil.

Hanya saja krim respon imun ini pada sebahagian orang mungkin akan mengalami iritasi ringan dan biasanya kulit tidak akan perih lagi setelah pemakaian kedua dan elanjutnya.

Pengobatan kutil dengan Cryotherapy

Pengobatan kutil dengan Cryotherapy adalah prosedur medis yang melibatkan pembekuan area kulit. Hanya saja terkadang prosedur Cryotherapy menyebabkan daerah menjadi meradang yang memungkinkan kulit yang terinfeksi virus akan mati dan mengelupas.

Pembekuan menyebabkan kulit di sekitar kutil melepuh dan hanya berselang dengan beberapa menit ketidaknyamanan ketika perlakuan metode ini.

Cryotherapy juga dapat digunakan untuk kutil terisolasi, tetapi kadang-kadang lebih baik untuk wilayah yang lebih luas.

Operasi laser

Beberapa kutil yang menyebar luas sehingga mungkin memerlukan prosedur bedah rawat jalan dengan menggunakan laser untuk mengobatinya. Operasi laser untuk kutil ini memerlukan anestesi umum dan biasanya butuh beberapa hari untuk pemulihan.