Tips Memudarkan Bekas Jerawat

Tips Memudarkan Bekas JerawatBekas jerawat adalah lekukan pada kulit yang kadang-kadang merpakan hasil dari memecah jerawat yang ketika sembuh akan meninggalkan bekas luka jerawat yang permanen.

Ketika jerawat meninggalkan bekas luka, mungkin perubahan warna kulit yang terjadi tidak semuanya sama dan tergantung dari warna kulit anda.

Misalnya, jika anda memiliki kulit pucat, bekas luka jerawat biasanya berwarna merah muda, merah, atau ungu. Jika anda memiliki kulit gelap, anda mungkin memiliki bintik-bintik coklat atau hitam pada bekas luka jerawat anda.

Jika ada kerusakan pada lapisan dalam kulit, bekas pigmentasi (makula) muncul dalam proses penyembuhan. Dan bekas ini mungkin bisa bertahan selama berbulan-bulan pada kulit sebelum jika tidak dirawat dengan tepat.

Nah, cara untuk meminimalkan atau menghilangkan bekas jerawat yang memerah mungkin ada baiknya untuk anda coba beberapa metode seperti dibawah ini.

Mengobati bekas jerawat yang berwarna merah di rumah

1. Gel atau Krim Vitamin A

Gunakan vitamin A baik dalam bentuk gel ataupun krim. Kedua jenis vitamin A ini biasanya dapat mencegah jaringan parut dan akan membersihkan kotoran dari pori-pori, membantu mencegah pertumbuhan jerawat selanjutnya.

2. Krim Anti Oksidant

Gunakan krim antioksidan yang diperkaya dengan vitamin C karena vitamin C sangat membantu untuk melindungi kulit dari sinar UV (ultra violet) untuk mengurangi perubahan warna pada kulit.

3. Gunakan BHA (beta hydroxy acid)

Gunakan BHA (beta hydroxy acid) setiap hari pada kulit karena BHA mengandung asam salisilat yang fungsinya untk melarutkan melarutkan kotoran pada pori-pori yang tersumbat serta melakukan pengelupasan kulit.

4. Gunakan perlindungan kulit

Lindungi kulit dengan tabir surya tentunya akan lebih memudahkan pemudaran bekas jerawat jika dibanding dengan tanpa perlindungan kulit.

Jadi melakukan perawatan pada bekas luka jerawat adalah salah satunya cara untuk mempercepat pemudaran bekas jerawat. Tapi yang pastinya, jangan menunda pengobatan pada jerawat anda karena semakin cepat jerawat disembuhkan maka semakin kecil pula kemungkinan bekas yang akan ditinggalkannya.