Tips Alami Mengatasi Rambut Rapuh dan Bercabang

Mengatasi Rapuh dan BercabangRambut bercabang dan rapuh bisa dialami oleh semua orang ketika hilangnya keseimbangan nutrisi pada rambut. Dan jika kondisi dibiarkan begitu saja bisa berakibat buruk bagi kesehatan rambut kita, dan bahkan menyebabkan kebotakan.

Oleh karena itu, jika rambut kita, bercabang dan rapuh, segera lakukan perawatan, jangan biarkan situasi semakin memburuk.
Penyebab percabangan rambut dan rambut rapuh, dapat terjadi karena kekurangan nutrisi dan kelembaban alaminya.

Ketika rambut kekurangan nutrisi yang dibutuhkannya, batang rambut akan mengalami kekeringan dengan perubahan warna rambut menjadi kekuningan, terbelah dua dan sangat rapuh.

Faktor dari cuaca, sinar matahari langsung, kekurangan asam amino, penggunaan produk kimia pada rambut setiap hari, bisa menjadi faktor yang menyebabkan rambut bercabang dan rapuh.

Untungnya rambut bercabang dan rapuh sangat banyak cara untuk mengatasinya dan salahsatunya adalah dengan menggunakan shampo yang lembut dan bebas alkohol, mengatur jadwal untuk mencuci rambut serta menuci rambut (keramas rambut) sekali dalam 2-3 hari untuk menjaga kelembaban rambut.

Ketika rambut sedang rapuh dan bercabang maka diwajibkan untuk amenjauhi penggunaan produk styling pada rambut. Melakukan pengkasan pada bagian ujung rambut serta tidak menggunakan pengering rambut untuk mengeringkan rambut anda.

Selain itu, anda juga perlu mencoba menerapkan beberapa tips alami mengatasi rambut rapuh dan bercabang seperti dibawah ini.

Tips Alami Mengatasi Rapuh dan Bercabang

  • Kondisioner rambut dari madu

Madu tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita tetapi dapat digunakan sebagai kondisioner alami pada rambut yang kering dan rapuh.

Meskipun terasa lengket, tapi madu bermanfaat untuk melembabkan rambut dengan hanya menerapkannya pada rambut setelah keramas.

Diamkan selama beberapa menit dan cuci seperti biasa. Dengan perawatan rutin, kita akan dapat mengatasi penyebab percabangan rambut dan menghindari bercabang rambut dan rambut rapuh.

  • Pijat dengan minyak alami

Untuk menjaga rambut agar tetap lembab dan sehat, kita dapat menggunakan minyak alami sebagai bahan pijat.
Minyak alami yang biasa digunakan untuk melembabkan rambut antara lain yaitu minyak kelapa, minyak zaitun, atau minyak almond. Pijat biasanya dilakukan sekitar 30-60 menit. Kemudian mencuci rambut Anda secara menyeluruh. Lakukan secara rutin setiap minggunya.

  • Gunakan Masker Telur

Masker yang terbuat dari kuning telur dipercaya dapat memberikan manfaat yang signifikan pada kesehatan rambut kita.
Caranya, kuning telur dicampur dengan 3 sendok makan minyak zaitun dan satu sendok makan madu.

Setelah diaduk agar benar-benar bercampur dengan baik, oleskan secara merata ke seluruh rambut, ditutup dengan menggunakan topi mandi dan diamkan 60-90 menit. Cuci rambut dengan sampo bayi untuk membersihkan.

  • Gunakan Masker pepaya

Selain beberapa tips diatas, ternyata penggunaan masker pepaya juga memapu membuat rambut terasa lebih lembut dan merangsang pertumbuhan rambut yang lebih sehat.

Untuk itu, kita bisa haluskan 200 gram pepaya lalu dicampur dengan 2 sendok makan yogurt dan oleskan pada seluruh bagian rambut. Tutup kepala dengan shower cap dan diamkan 30 menit sebelum keramas seperti biasa.

Demikianlah beberapa tips untuk mengatasi rambut bercabang dan rambut rapuh diatas semoga dengan menggunakan bahan-bahan diatas secara rutin semoga rambut anda kembali sehat dan lebih kuat.