Tips Mudah Membuat Mehndi di Tangan

Tips Mudah Membuat Mehndi di TanganTIPSLOGI.COM – Seni lukis tubuh dengan metode lukis tangan sangat identik dengan timur tengah dan india. Seperti halnya dengan tato, mehndi juga dapat berfungsi menghiasi tubuh. Bahannya pun sangat aman.Yakni dari tanaman kuku pacar atau henna yang biasanya tumbuh di tanah India dan timur tengah. Biasanya mehndi dibuat pada wanita pada saat dia ingin menikah bagiamana cara mudah membuat mehndi di tangan? Ikuti caranya dibawah ini.

1.Pegang cone/kerucut ditangan kanan, dengan lembut tekan isi ke tangan/ kaki utk membuat pola yg diinginkan.

2.Usahakan tangan/kaki pada posisi horizontal dan biarkan Mehndi/Henna mengering.

3.Utk mencegah Mehndi/Henna kering dan rontok terlalu cepat dan utk mendapatkan hasil warna yg lebih gelap, campur 3 sendok air lemon dan 1 sendok gula, aduk rata, pada saat hampir kering, ambil kapas/tissue/cotton bud celupkan dalam campuran tadi, dan oleskan pada Mehndi/Henna di tangan/kaki. Lakukan 2-3 kali. Hati-hati jangan sampai merusak desain Mehndi/Henna yg dipasang. Bisa juga menggunakan semprotan yg diisi campuran tadi.

4.Utk mendapatkan hasil warna yg lebih gelap, sebelum melepas Mehndi/Henna, didihkan air pada panci atau ketel sehingga keluar uap. Uapi area tangan/kaki yg dipasang Mehndi/Henna. Bisa juga menggunakan panas dari hair dryer.

5.Idealnya Mehndi/Henna dilepas setelah 6-12 jam (bisa dipasang malam sebelum tidur), namun bisa juga dilakukan setelah 2-4 jam, untuk melepas Mehndi/Henna jangan gunakan air apalagi sabun, gunakan paper towel /vegetable oil(corn,olive,canola)/air lemon, gosok dan lepas perlahan Mehndi/Henna yg sudah kering di tangan/kaki sampai bersih.

Setelah Mehndi/Henna dilepas, akan tinggal warna orange-kuning di kulit, warna ini akan berubah semakin gelap (ber oksidasi ) menjadi reddish-brown (coklat kemerahan) dalam waktu 48 jam. Warna akhir akan tergantung pada sifat kimia di kulit/tubuh pemakai, warna lebih gelap didapat jika dipasang di tangan dan kaki.

Hindari kontak dengan air sedapat mungkin selama 24 jam pertama setelah Mehndi/Henna dilepas, karena bisa mengganggu proses oksidasi dan penggelapan dari Mehndi/Henna.