Tips Menghilangkan Stres Secara Alami

Tips Menghilangkan Stres Secara AlamiTIPSLOGI.COM – Dengan banyaknya aktivitas yang Anda lakukan setiap harinya ditambah lagi dengan masalah keluarga, percintaan, keuangan, dan sebagainya. Terkadang masalah yang sedang di hadapi tersebut sulit mencari jalan keluar atau solusi mengatasinya. Tidak jarang pula seseorang yang sedang mengalami stres akan terkena depresi yang tentunya tidak baik bagi kesehatan tubuh. Apalagi bagi Anda yang sudah memasuki usia yang tidak tergolong muda lagi maka siap-siap saja peningkatan hormon, dan dapat mempercepat penurunan kognitif hal ini berdasakan penelitian yang telah dilakukan.

Ketika Anda merasa stres, tubuh Anda mengeluarkan hormon yang disebut adrenalin dan kortison yang menyebabkan peningkatan tekanan darah, kadar gula darah tinggi dan dalam kasus terburuk dapat menyebabkan kerusakan organ utama. Berikut beberapa cara yang kami dapatkan dari beberapa sumber untuk mengatasi stres dengan cara yang alami dan dijamin paling efektif:

Terapi musik
Dengan mendengarkan musik merupakan salah satu cara yang ampuh dan mudah untuk Anda lakukan dalam menghilangkan stres. Dengarkanlah lagu-lagu kesayangan Anda yang dapat membuat tubuh menjadi lebih tenang dan santai. Mendengarkan musik juga berdampak baik untuk otak kita.

Melakukan aktivitas menyehatkan
Menghilangkan stres dengan melakukan aktivitas menyehatkanAnda dapat melakukan berbagai aktivitas yang menyehatkan seperti berolahraga ringan, misalnya bersepeda ataupun berjalan santai. Aktivitas yang Anda lakukan tersebut dapat membuat tubuh Anda merasa lebih rileks dan dapat menurunkan tekanan darah serta dapat menghilangkan stres yang sedang Anda alami tersebut.

Melakukan yoga
Ketika Anda terdapat waktu kosong, alangkah baiknya Anda meluangkan sedikit waktu untuk melakukan yoga. Ada beberapa pose yoga yang berfokus pada bagian dada dan pundak sehingga dapat melepaskan beban mental maupun fisik. Postur ini dapat membantu melepaskan tekanan emosional serta dapat menghilangkan efek negatif duduk terlalu lama di dalam kantor.

Belajarlah tegas untuk berkata tidak
Mungkin Anda akan sangat sulit untuk mengatakan ‘tidak’ dalam kehidupan, karena Anda akan berpikir bahwa dengan menolak tersebut, orang lain akan merasa jengkel terhadap diri Anda. Cobalah untuk bersikap tegas mulai dari sekarang, fokus terhadap tujuan Anda dan beranikan diri untuk mengatakan tidak yang dapat memberikan Anda ketenangan. Hal ini tentunya dapat mencegah Anda terbawa beban stres daripada Anda terpaksa untuk berkata iya, namun sementara Anda tidak mampu melaksanakannya dan pada akhirnya dapat memicu stres

Tidur nyenyak
Tidur minimal selama 8 jam pada setiap harinya dapat meremajakan tubuh dan siap untuk beraktivitas pada hari selanjutnya. Apabila Anda kurang tidur, maka tubuh akan tetap lelah dan akhirnya tidak memiliki energi cukup untuk berkonsentrasi yang membuat tidak dapat melakukan pekerjaan dengan baik yang selanjutnya dapat mengarah ke stres.

Latihan:
Penelitian telah membuktikan bahwa latihan fisik sehari-hari membantu melindungi otak dari stres yang disebabkan depresi. Satu harus memastikan aktivitas fisik seperti berjalan, jogging, bermain game seperti tenis atau sepak bola setiap hari selama minimal 30 menit karena meremajakan pikiran dan indera seseorang.

Makan sehat:
Makan dengan baik memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan yang baik. Hal ini disarankan untuk makan blueberry, salmon dan almond yang membantu dalam memerangi stres. Minum secangkir teh hijau atau teh masala juga meremajakan indera Anda dan mengurangi tingkat stres.

Tinggalakan jejaring sosial untuk sesaat
Tidak dipungkiri selama 24 jam kita selalu bergelut dengan jejaring sosial cobalah untuk meninggalkannya untuk sementara waktu dan mengetahui apa yang menarik yang terjadi. Cara yang baik untuk mengatasi stres adalah untuk memutuskan diri untuk sementara waktu. Berikan waktu untuk diri sendiri, merasakan udara segar dan melihat pemandangan.

Berpikir positif
Positive thinking atau berpikiran positif terhadap segala masalah yang sedang dihadapi serta berusaha mengambil pelajaran dari masalah tersebut. Sehingga pada akhirnya dapat menjadi pribadi yang lebih baik.

Tertawa dan senyum
Untuk menghilangkan stres yang sedang dihadapi, alangkah baiknya mempertahankan selera humor, termasuk dapat menertawai diri sendiri. Berbagi cerita lucu dengan teman Anda atau aktivitas lainnya yang dapat membuat tertawa.