Ingin Tetap Sehat Rajinlah Memelihara Tanaman Dalam Ruangan

Ingin Tetap Sehat Rajinlah Memelihara Tanaman Dalam RuanganTIPSLOGI.COM – Pada umumnya orang lebih banyak merawat tanaman di luar rumahnya. Hal ini karena selain menyenangkan, rumah kita juga akan terlihat sangat indah bilamana didepan rumah terdapat beberapa tanaman indah yang menghiasinya. Selain merawatnya di luar ruangan, kita juga dapat merawat tanaman di dalam ruangan. Dengan adanya tanaman dalam ruangan, rumah kita akan terlihat lebih natural, cantik, dan sekan-akan memberikan kesan lebih hidup didalamnya.

Tahukah Anda bahwa merawat atau memelihara tanaman di dalam ruangan itu banyak juga lho manfaatnya untuk kesehatan. Ingin tahu apa saja manfaat merawat tanaman didalam ruangan terhadap kesehatan? Berikut ini beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan bilamana Anda merawat beberapa tanaman indoor untuk menghiasi ruangan Anda.

1. Meningkatkan kesehatan pernapasan
Ketika Anda bernapas pada saat itulah Anda akan menghirup oksigen dan kemudian melepaskan karbon dioksida. Dengan adanya tanaman didalam ruangan, karbon dioksida yang telah dilepaskan akan diserap oleh tanaman. Lalu, pada saat tanaman melakukan fotosintesis maka ketika itulah tanaman akan melepaskan oksigen. Dengan demikian, adanya tanaman didalam ruangan akan memberikan cadangan oksigen tambahan dalam rumah Anda.

Oh iya, selain itu beberapa penelitian juga telah menunjukkan bahwa tanaman didalam ruangan mampu menyerap racun yang hadir dari rokok, karpet, atau cat. Berdasarkan penelitian tersebut, tanaman akan mampu menghilangkan racun hingga mencapai 87% dalam waktu 24 jam. Bagaimana, sangat bagus bukan?

2. Meningkatkan fungsi kognitif
Adanya tanaman didalam ruangan secara tidak langsung akan mampu meningkatkan kemampuan otak, baik itu dalam mengingat, konsentrasi, atau pun meredakan stres. Terdapat sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa konsentrasi siswa akan mengalami peningkatkan hingga mencapai 70% bilamana didalam ruangan kelas terdapat tanaman.

3. Mempercepat pemulihan
Anda tahu tidak kenapa dirumah sakit itu pada umumnya terdapat tanaman? Menurut penelitian, memelihara tanaman didalam kamar rumah sakit itu akan mempercepat proses pemulihan pada pasien. Pasien yang bila kamarnya diisi dengan beberapa tanaman hias akan lebih sedikit mengonsumsi obat penghilang rasa sakit. Selain itu, biasanya pasien juga akan memiliki tekanan darah yang lebih rendah sehingga pasien tidak mudah untuk mengalami gangguan stres.

4. Mengurangi alergi dan asma
Sebuah studi juga telah dilakukan oleh University of Agriculture di Norwegia, hasilnya adalah bahwa taman hias bisa membantu meringankan gejala alergi. Hadirnya tanaman pada ruangan dapat meningkatkan kadar kelembapan yang sekaligus mengurangi debu yang berada didalam rumah. Studi ini juga menunjukkan kalau tanaman yang ada didalam ruangan dapat mengurangi batuk, sakit tenggorokan, dan juga beberapa penyakit pernapasan lainnya seperti gejala asma.

5. Meningkatkan kesehatan mental
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa salah satu manfaat adanya tanaman didalam ruangan adalah untuk membantu mengurangi tingkat stres seseorang. Dengan demikian, ketika tingkat stres mulai berkurang, maka suasana hati Anda akan kembali membaik dan akhirnya kesehatan mental pun akan meningkat.

Nah, sekarang sudah tahu kan apa saja manfaat merawat tanaman didalam ruangan. Jadi, mulai dari sekarang tidak ada salahnya untuk mengisi ruangan rumah Anda dengan beberapa tanaman hias. Selain banyak manfaat yang akan didapat, rumah Anda juga akan terlihat lebih cantik dan indah. Selamat mencoba ya…