Tips untuk Ibu Cerdas Menurunkan Demam Sang Buah Hati

Tips untuk Ibu Cerdas Menurunkan Demam Sang Buah HatiTIPSLOGI.COM – Sudah menjadi kepanikan buat seorang ibu jika sang buah hati tersayangnya terserang demam tinggi. Tentu ibu akan melakukan segala hal agar demam sang anak dapat turun. Namun, menurut beberapa penelitian ketika sang anak terserang demam, sebaiknya ibu lebih berkonsentrasi agar anak merasa nyaman agar tidak rewel dari pada mencari cara mengatasi demam tinggi pada anak. Ketika sang anak merasa tidak nyaman dan juga rewel justru dapat menghambat penyembuhan. Berikut tipslogi.com memberikan beberapa cara menurunkan demam tinggi pada sang buah hati Anda yang dapat Anda lakukan.

1.  Kompres
Cara menurunkan demam tinggi pada anak dengan kompres salah satu langkah awal yang sering dilakukan oleh pada ibu jika mengetahui anak mereka terserang demam tinggi. Kompreslah anak pada area dahi. Cara ini memang sudah banyak dan sangat efektif untuk menurunkan demam anak pada area dahi. Gunakan air dingin dan handuk basah sebagai alat mengompres. Jika Anda tidak memiliki handuk basah, Anda dapat membeli handuk khusus mengompres di area dekat rumah Anda. Kompreskan dengan menggunakan air dingin pada sekitaran dahi juga akan menjadikan anak merasa lebih tenang dan juga nyaman.

 2.  Mandi Air Hangat
Kemudian, Anda juga dapat memandikan anak Anda dengan air hangat sebagai cara menurunkan demam tinggi pada anak. Pada saat demam, jangan sekali-kali memandikan anak dengan air dingin karena akan menjadikan anak menggigil kedinginan. Mandi dengan air hangat atau ruam-ruam kuku akan menjadikan anak merasa lebih nyaman dan juga akan menjadikan tubuh terasa lebih ringan untuk bergerak. Pada saat mandi, Anda dapat menambahkan garam atau essential oil agar dapat memberikan efek kenyamanan yang maksimal. Jika si kecil tidak ingin mandi, Anda cukup menggunakan wash lap untuk menyeka tubuh si kecil sehingga akan tetap terasa nyaman.

 3. Pijatan
Setelah mandi, lakukanlah pijatan secara ringan pada bagian tubuh si kecil, khususnya pada area perut, punggung dan juga pada bagian dada. Gunakan minyak kayu putih yang dicampurkan dengan 3 siung parutan bawang merah dan juga sari jeruk nipis. Ramuan ini dipercaya efektif untuk menjadi cara menurunkan demam tinggi pada anak. Jika penggunaan minyak kayu putih dikira terlalu keras dapat diganti dengan menggunakan minyak kelapa. Dan juga jika perasan jeruk nipis dirasa terlalu keras dapat menggantinya dengan asam jawa. Atau, Anda juga dapat melakukan pemijatan pada si kecil dengan menggunakan minyak pepper mint.

 4.  Sistem Imun
Setelah semua hal diatas telah Anda lakukan dengan baik, tahap terakhir cara menurunkan demam tinggi pada anak adalah dengan meningkatkan sistem imun pada tubuh si kecil. Pada saat anak demam usahakan agar Anda memberikan makanan yang bergizi tinggi agar sistem kekebalan tubuh si kecil dapat meningkat dan demam turun. Selain itu pastikan asupan cairan pada anak tercukupi karena demam akan membuat penderitanya menjadi dehidrasi. Jika Anda memiliki bayi, cara menurunkan demam tinggi pada bayi akan sedikit lebih sulit karena kondisi bayi yang masih kecil.