Tips Menghilangkan Rasa Gugup Saat Berkendara Motor

Tips Menghilangkan Rasa Gugup Saat Berkendara MotorTIPSLOGI.COM – Biasanya kalau pertama kali mengendarai sepeda motor tentu setiap orang akan merasakan takut dan gugup yang cukup membuat keringat dingin memuncrat keluar. Kebanyakan orang akan berfikir yang tidak-tidak yang berujung akan membahayakan dirinya. Khyalan akan ditabrak pengedara lain atau tiba-tiba ditikungan bukannya mengundurkan kecepatan laju motor malah tancap gas yang berujung saling tabrakan. Rasa gugup itu sudah biasa bagi para pemula. Tapi, tenang saja, ada cara atau tips mengatasi rasa gugup saat pertama kali berkendara sepeda motor.

Mungkin juga alasan Anda takut atau gugup mengendarai sepeda motor adalah karena trauma atau phobia. Jika Anda tidak mencoba maka admin yakin sampai kapan Anda tidak akan bisa mengendari motor cobalah buang jauh-jauh rasa takut itu. Berikut yang sempat tipslogi.com berikan untuk Anda.

1. Belajar simulasi
Sebelum memasuki jalan sebaiknya Anda melakukan mainan simulasi game motor seperti motor GP. Walaupun terasa berbeda tapi sedikit banyak bisa mengasah perasaan, mencoba ambil resiko, misal mau overtaking atau menikung. Sepertinya phobia anda, cuma sebatas jika jadi pengendaranya saja atau juga bila dibonceng? Kalau dibonceng juga anda merasa phobia, wah sepertinya itu berat masalahnya.

2. Memilih motor yang lebih mudah
Pilihlah motor yang sifatnya easy riding atau gampang dikendarai, seperti motor matik. Sebab secara psikis, bila Anda naik motor dengan transmisi manual atau semi-automatis (bebek biasa), beban perasaan anda tambah besar, karena anda harus membagi konsentrasi dengan masalah pengoperasiannya (pakai kopling atau injak gigi).

3. Cari tempat belajar yang luas
Mencari tempat belajar yang luas seperti lapangan tidak ada salahnya agar belajarnya cepat lancar dan juga salah satu ara mengatasi rasa gugup dan phobia jika takut tabrakan pengendara lain.

4. Buang jauh-jauh rasa takut
Jangan pernah menganggap naik motor adalah sesuatu yang menakutkan, bila ini ada dalam perasaan anda, tentu saja akan terbawa ke masalah pengendalian. Terlebih bila melihat kondisi lalu-lintas yang semakin semrawut. Coba tarik napas sedalam-dalamnya dan yang tenang. Bagaimanapun oksigen yang kurang masuk ke otak, akan membuat “kacau”feeling anda, itu sebabnya akan timbul perasaan cemas, deg-degan.

5. Konsentrasi penuh
Selama naik motor,fokuskan diri anda akan tujuan perjalanan,jangan pikirkan hal selain konsentrasi berkendara. Satu lagi, jangan pernah menyerah! Mengatasi phobia akan sesuatu itu cuma satu jalannya, biasakan diri anda dengan apa yang ditakutkan itu, jika menyerah terus menghindar tentu jelas saja akan susah sembuhnya intinya Anda harus melawan rasa takut Anda.

Berusaha membuang jauh-jauh pikiran yang membuat anda takut. Mungkin anda takut akan jatuh bila mengedarai motor. Jika Anda berfikir akan jatuh maka anda akan jatuh, tapi kalau anda berfikir bahwa anda pasti bisa mengedarai motor maka lambat laun anda pasti bisa yakin saja kuncinya.