Tips Jitu Membeli Saham Secara Online

Tips Jitu Membeli Saham Secara OnlineTIPSLOGI.COM – Jika Anda salah satu orang yang suka berinvestasi, pernahkah Anda mencoba untuk berinvestasi saham? Investasi saham adalah merupakan salah satu pilihan untuk berinvestasi yang memiliki banyak keuntungan dibandingkan investasi di bidang lain. Mulai dari kemudahan, kepraktisan, dan imbal hasil yang cukup tinggi. Sekarang berinvestasi saham sangat mudah dilakukan, bahkan bisa dilakukan secara online.

Anda dapat membeli saham secara online melalui internet, di rumah, di mana pun Anda berada asalkan terhubung dengan internet. Namun tidak banyak masyarakat awam yang mengetahui bagaimana cara membeli saham secara online. Artikel ini akan menjawab secara tuntas pertanyaan tersebut. Apa saja yang harus dilakukan atau langkah-langkah untuk membeli saham secara online:

Buka rekening saham
Untuk dapat membeli saham Anda harus terdaftar sebagai nasabah suatu sekuritas (pialang / broker). Perusahaan sekuritas adalah perantara bagi Anda untuk dapat membeli saham di Bursa Efek Indonesia (BEI). Kita perlu mendaftar menjadi nasabah di salah satu broker. Jika Anda ingin membeli saham secara online, pastikan broker yang Anda pilih memiliki fasilitas software online trading yang bagus dan mudah digunakan. Untuk membuka rekening saham tidak dikenakan biaya apapun, gratis. Anda hanya perlu mengisi formulir dan melengkapinya dengan fotocopy dokumen-dokumen yang diperlukan.

Deposit Dana
Setelah rekening saham jadi, biasanya 1-2 minggu, Anda akan dikirimi email konfirmasi pembukaan rekening saham. Di dalam email tersebut terdapat informasi username, password, PIN, dan nomor Rekening Dana Investor (RDI). Kita perlu melakukan deposit dana ke RDI tersebut sejumlah nilai minimal yang ditentukan oleh broker tempat membuka rekening. Rekening Dana Investor ini berupa rekening bank atas nama Anda sendiri, tapi tidak ada buku tabungan atau kartu ATM. RDI ini memang hanya digunakan untuk menyimpan dana Anda sebelum digunakan untuk membeli saham. Untuk melakukan deposit dana, Anda bisa transfer via teller bank, atau lewat ATM, internet banking.

Install software online trading
Download dan install software online trading yang disediakan oleh broker tempat Anda membuka rekening. Biasanya ada versi komputer, atau mobile (Android atau iPhone). Tinggal pilih sesuai kebutuhan. Umumnya software ini gratis, tidak ada biaya pemakaian. Selanjutnya Anda bisa login menggunakan username dan password yang telah dikirimkan sebelumnya via email. Setelah login Anda biasanya diminta mengganti password dan PIN untuk keamanan. Di software online trading ini, Anda bisa melihat deposit dana yang sudah disetor. Untuk melihat gambarnya silahkan di share di google.

Beli dan jual saham menggunakan software
Di dalam software online trading tersebut, ada menu untuk beli jual saham. Masukkan PIN, tanpa PIN kita tidak bisa bertransaksi saham. Pilih menu beli saham (Buy). Kemudian Anda tinggal memasukkan kode saham yang ingin dibeli. Tiap saham diberi kode 4 huruf, misalnya saham PT Aneka Tambang Tbk diberi kode ANTM. Masukkan harga saham yang ingin dibeli dan masukkan jumlah lot saham yang ingin dibeli. Minimal pembelian adalah 1 lot atau 100 lembar. Kemudian klik tombol Send.

Untuk menjual saham, juga lewat software tersebut. Tinggal pilih menu jual (Sell). Bila ada keuntungan dari penjualan saham, maka keuntungan tersebut langsung masuk ke saldo Anda.

Pelajari strategi investasi saham
Anda tentu saja tidak bisa asal membeli dan menjual saham, bisa-bisa bukannnya untung tapi malah rugi. Kita perlu mempelajari strategi yang tepat dalam berinvestasi, mulai dari memilih saham dan menentukan kapan waktu yang tepat untuk membeli atau menjual saham. Anda bisa mencari sumber lain untuk memperdalam pengetahuan tentang investasi saham atau bisa juga membaca berbagai buku tentang investasi dan trading saham.