Mengetahui Jika Kompresi Terjadi Kebocoran Pada Mesin

Mengetahui Jika Kompresi Terjadi Kebocoran Pada MesinTIPSLOGI.COM – Kebocoran kompresi dapat diartikan sebagai hilangnya tekanan di ruang silinder ruang pembakaran (combussion chamber). Tekanan yang diakibatkan oleh pembakaran bahan bakar minyak (BBM) akan menghasilkan kekuatan mesin yang besar. Namun, yang terjadi jika tekanan kompresi mesin bocor, akan membuat proses pembakaran menjadi tidak sempurna dan tenaga mesin akan menurun.

Jika demikian, bagaimana cara kita untuk mengetahui jika tekanan pada kompresi bocor pada mesin? Apa saja gejala yang terjadi jika kompresi bocor pada mesin? Tanda kompresi bocor dapat diketahui dengan alat ukur atau juga bisa dilihat dari fisik komponennya seperti:

Compression tester
Menggunakan compression tester merupakan cara termudah untuk mengetahui jika kompresi terjadi kebocoran pada mesin. Cukup ditancapkan di lubang busi, kemudian mesin dinyalakan untuk mengetahui besarnya tekanan kompresi. Jika di bawah angka standar, maka kebocoran dapat diketahui apakah dari ring seher yang lemah atau bocor dari klep atau klep merembes.

Namun, bagaimana cara mengetahui kompresi bocor jika tidak menggunakan alat ukur? Biasanya mekanik akan melacak kebocoran kompresi mesin dengan cara melihat fisik komponen di seputar ruang bakar.

Melihat warna elektroda busi
Apabila settingan pada spuyer dibuat irit namun masih tetap boros, itu artinya kompresi di ruang pebakaran lemah. Sehingga gas bakar di dalam ruang bakar ada yang tidak ikut terpatik api busi. Mesin pun kerap terjadi knocking. Cara ini juga bisa digunakan sebagai tanda jika kompresi mesin bocor.

Dilacak dari paking head
Dengan memberi tetesan oli untuk menandakan bagian bocor. Kalau ada asap putih atau bergelembung, bisa dipastikan ada kebocoran perpak pada mesin tersebut. Penyebab kompresi bocor lainnya bisa disebabkan oleh sitting klep banyak kotoran atau klep bengkok. Bahkan bisa terjadi bila ring seher piston lemah, salah posisi ring piston atau dinding silinder tergores.

Bagi yang masih awam  pada mesin, tidak perlu susah untuk mengetahui kompresi bocor pada mesin. Kerusakan kompresi bocor ini bisa dirasakan efeknya saat motor sedang dipakai untuk jalan. Biasanya kendaraan yang kompresi mesinnya bocor akan terasa lambat tarikan gasnya meskipun grip gas sudah dibuka penuh. Bahkan putaran mesin saat langsam atau di rpm tinggi pun terkadang hilang.

Cara paling mudah untuk mengetahui kompresi bocor pada mesin adalah bensin menjadi boros dan busi menjadi cepat mati. Dan warna busi hitam pekat.