Tips Menjaga Kesehatan Mulut Selama Bulan Puasa

Tips Menjaga Kesehatan Mulut Selama Bulan PuasaTIPSLOGI.COM – Menjaga kesehatan mulut di bulan puasa seperti sekarang tentu harus diperhatikan dari hari-hari selain bulan puasa. Mulut yang sehat tentunya akan lebih mendukung kelancaran berpuasa tanpa gangguan di area mulut. Sebab masalah seperti sariawan, bau mulut, radang tenggorokan atau masalah lainnya sudah sangat umum terjadi ketika kita berpuasa.

Menjaga kesehatan mulut dibulan puasa sebtulnya tidak ada perbedaan dengan cara menjaga kesehatan mulut umumnya, kesehatan mulut disini bukan hanya agar mulut tidak berbau namun menjaga kesehatan mulut secara keseluruhan. Olehnya itu tipslogi.com kali ini membagi beberapa tips dibawah ini bagiamana cara menjaga kesehatan mulut selama bulan puasa.

Teratur menyikat gigi

Waktu yang diperlukan untuk menyikat gigi berbeda saat hari-hari biasa dengan datangnya bulan puasa. Membersihkan gigi selama bulan puasa dapat dilakukan setelah sahur dan menjelang tidur pada malam hari. Usahakanlah untuk selalu membersihkan mulut dan gigi pada dua waktu tersebut. Selain bisa mengatasi bau mulut yang kurang sedap karena puasa, dengan cara ini juga efektif membuat mulut terjaga kesehatannya. Menyikat gigi bermanfaat untuk menghilangkan plak, mencegah sariawan dan menghilangkan bakteri penyebab masalah mulut lainnya.

Membersihkan lidah

Salah satu tempat yang bisa dijadikan sebagai sarang berkumpulnya bakteri yaitu lidah. Jika Anda menyikat gigi tanpa membersihkan lidah, maka bakteri hanya berpindah dari gigi ke lidah. Oleh sebab itu kebersihan lidah juga patut diperhatikan. Menjaga lidah tetap bersih bisa dilakukan dengan sikat lidah atau pembersih lidah. Pembersih lidah ini memang dirancang khusus untuk lidah guna membersihkan kotoran dan bakteri. Pembersih lidah merupakan alat yang penting digunakan dalam menjaga kebersihan dan kesehatan mulut terlebih saat puasa bulan Ramadhan.

Kurangi merokok

Salah satu penyebab kebanyakan mulut dan gigi menjadi rusak adalah disebabkan oleh rokok. Selama bulan puasa sebaiknya kurangi untuk merokok saat malam hari jika ingin kesehatan mulut tetap terjaga selama bulan puasa. Selain bisa memicu masalah berbagai penyakit dan gangguan kesehatan, rokok juga tidak ada manfaatnya untuk Anda hisap. Rokok bisa menyebabkan noda gigi dan memicu kanker mulut.

Gunakan obat kumur

Cara menjaga kesehatan mulut saat puasa juga boleh menggunakan obat kumur jika diperlukan. Ini memang tidak wajib, tapi jika Anda punya masalah mulut dengan kesehatan mulut tak ada salahnya mencoba obat kumur. Penggunaan obat kumur bisa mencegah bakteri berkembang yang menyebabkan plak dan karang gigi.

Anda bisa mencoba cara menjaga mulut agar tetap sehat seperti di atas. Kesehatan mulut sangat penting untuk menunjang kelancaran berpuasa pada bulan Ramadhan.