Mengkonsumsi Asupan Makanan Vegetarian Mengurangi Resiko Kanker

Mengkonsumsi Asupan Makanan Vegetarian Mengurangi Resiko KankerTIPSLOGI.COM – Mungkin Anda sudah tahu salah satu penyakit yang paling mematikan adalah penyakit kanker, Namun karena sebab, penyakit ini baru dapat dideteksi setelah berada pada stadium lanjut sehingga pengobatan kanker bisa cukup rumit dilakukan, sekaligus biayanya yang tidak sedikit.

Apakah ada cara yang dilakukan untuk terhindar dari resiko terjangkitnya penyakit kanker? Salah satu cara yang baik untuk dilakukan yaitu dengan menjalani gaya hidup sehat, mulai dari mengonsumsi makanan sehat, tidak merokok, hingga rutin berolahraga. Sebab sekarang ini banyak orang cenderung mengonsumsi makanan yang tidak sehat.

Seiring berkembangnya waktu, semakin banyak saja orang yang mengkonsumsi fast food ataupun junk food. Selain itu, kebiasaan buruk seperti merokok dan minum alkohol seakan sudah menjadi kebiasaan dan gaya hidup sehari-hari. Apapun alasannya, merokok dan mengonsumsi makanan cepat saji bukan saja mahal melainkan juga berbahaya bagi tubuh, bahkan bisa membunuh.

Dari uraian diatas bisa disimpulkan bahwa salah satu pemicu kanker adalah gaya hidup yang salah, jadi bukan hanya sekedar takdir atau kejadian tanpa sebab.

Serat sebagai Pencegah Kanker

Manusia mampu mengkonsumsi makanan yang berasal dari hewan dan tumbuhan, atau sering diistilahkan sebagai omnivora. Idealnya, konsumsi makanan berbasis hewani dan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan harus seimbang.
Namun kemyataannya, mayoritas orang tidak mengonsumsi serat dengan memadai.

Padahal, jika diperhatikan dari organ tubuh seperti susunan gigi dan bentuk usus, manusia cenderung bersifat herbivora atau pemakan tumbuhan. Artinya, sebenarnya manusia didesain sebagai vegetarian yang mengonsumsi tumbuh-tumbuhan. Itu sebab, memperbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan dianggap efektif menurunkan risiko kanker.

Menerapkan pola makan vegetarian merupakan salah satu upaya pencegahan kanker sekaligus upaya penerapan gaya hidup sehat.