Cara Melawan Rasa Takut Saat Balapan

Cara Melawan Rasa Takut Saat BalapanTIPSLOGI.COM – Namanya juga balapan tentu rasa takut sering kali hadir dalam pikiran. Setiap pekerjaan yang dialakuka dala dunia ini pastinya selalu ada resiko yang harus diterima jika terjadi kesalahan begitu juga dengan balan apalagi balapan yang notabenenya bertarung dengan kecepatan diatas jalan.

Namun bagi setiap pembalap yang sudah memutuskan untuk terjun dalam dunia balap, tentu “rasa takut” tidak ada lagi dalam kamus balapannya. Walaupun demikian pengalaman buruk menjadikan mentalitas bertarung menjadi rendah dan jalan ditempat. Rasa takut itu biasanya seperti takut jika ketinggalan jau di belakang, di-overlap, trouble Engine, jatuh, patah tulang, dan terakhir kematian akibat kecelakaan fatal. Lalu bagi setiap pembalap bagiamana cara mengatasi semua itu?

Ketika ketinggalan jauh dibelakang

Anda bisa menjadikan pengalaman untuk lebih baik di race selanjutnya. Ini bukan hal yang memalukan, tapi jadikan pelajaran agar keinginan untuk jadi yang terdepan jadi semakin kuat di race selanjutnya.

Di-overlap

Di-overlap bukanlah hal buruk justru kita dapat ilmu dari sana. Artinya, perbaiki kekurangan diri, segera koreksi sektor mana yang membuat lemah, apakah motor yang kurang kencang atau teknik membalap yang buruk.

Trouble Engine

Saat sedang asyik berkompetisi beberapa lap, namun harus terpaksa masuk paddock lebih awal karena trouble engine, sering kali membuat kekecewaan besar dan frustasi bagi pembalap. Ini hal wajar, namun jangan sampai terbawa stress atau bahkan emosi. Ditengah suasana balap yang panas, bising, dan tensi tinggi, berusahalah tetap tenang dan lakukan yang terbaik.

Jatuh

Hal sangat biasa untuk hal yang satu ini. Tentu tak ada perasaan takut sedikitpun bagi para pemula yang terjun di balap dengan risiko “jatuh” ini. Namun ada kalanya setelah benar-benar merasakan jatuh yang berakibat fatal, beberapa pembalap menjadi kecil nyalinya. Namun pada sebagian besar mereka yang pernah jatuh, justru menjadikan nyali semakin berlipat. Jatuh bukan untuk ditakutkan. Selama kondisi motor dalam keadaan baik, fisik prima, teknik membalap benar, paham titik-titik berbahaya di sirkuit, “jatuh” bisa menjadi sangat minim dalam balapan.

Kematian akibat kecelakaan fatal

Selama kita membalap dengan perlengkapan yang memadahi, dan mampu mengendalikan motor balap dengan baik, hal ini tidak perlu lagi ditakutkan. Tenang, doa, dan fokus, insyaAllah keselamatan selalu menyertai.

Saat sudah berada di arena balap, tidak boleh ada lagi yang namanya “takut” dengan apapun yang terjadi dalam balapan nanti. Fokuskan pada pencapaain hasil terbaik. Membalaplah dengan benar dan maksimal. Abaikan berbagai ketakutan yang ada dipikiran. Jangan sampai menggangu fokus untuk meraih prestasi. Semoga bermanfaat.