Tips Menegakkan Rambut untuk Pria

Tips Menegakkan Rambut untuk PriaTIPSLOGI.COM – Menegakkan rambut untuk pria dikenal dengan sebutan gaya rambut spike. Rambut spike sebetulnya style yang sudah ada ditahun 2002 silam. Walaupun sudah ketinggalan namun tidak sedikit orang yang menggunakan gaya rabut spike ini apalagi para artis pria ditanah air maupun mancanegara.

Style rambut spike membuat potongan rambut lebih sederhana selain itu penampilan terlihat lebih segar dan berbeda. Melakukan cara yang tepat walaupun rambut Anda pendek atau panjang. Hal itu bukanlah alasan untuk tidak menerapkan style rambut spike.

Cara menata gaya rambut spike untuk rambut pendek

  • Cuci rambut Anda seperti biasa kalau bisa memakai shampo jika menggunakan conditioner lebih baik jangan terlalu banyak karena membuat struktur rambut lebih lembab sehingga akan sulit membentukrambut spike.
  • Menata rambut spike saat basah atau kering cuman bedanya jika menata saat basah menghasilkan spike yang terlihat basah dan mengkilat. Sedangkan saat rambut kering menghasilkan spike yang runcing dan tegak tetapi terlihat kering jadi terserah Anda jika dibutuhkan menggunakan hair dryer.
  • Pada sebagian rambut pada bagian atas untuk menggunakan gel rambut yang ekstra kuat. Gunakan satu tangan untuk membuat spike yang lebih kecil di bagian rambut yang lain, lalu gunakan tangan yang lain untuk mengoleskan gel dengan jumlah yang tidak terlalu banyak. Mulailah dengan menggenggam rambut mulai dari pangkalnya dan ratakan gel tadi ke ujung. Diamkan sebentar dengan tetap di pegang tangan sampai spike Anda terbentuk.
  • Semakin sedikit rambut yang Anda pegang maka semakin kecil juga nanti hasil spike. Kreasikan sendiri keinganan Anda, membuat sederet spike yang sama besar berjajar, atau spike yang tidak beraturan besar kecilnya.
  • Tarik bagian rambut yang Anda bikin spike ke arah yang Anda inginkan. Cobalah sampai Anda mendapatkan arah spike yang Anda inginkan.
  • Terus lakukan sampai semua rambut kamu menjadi bergaya spike.
  • Setelah selesai membentuknya, segera semprotkan hairspray. Jika hairspray Anda cukup kuat, maka tatanan gaya spike ini bisa bertahan satu hari.
  • Jika Anda khawatir spike di rambut Anda rusak, bawa saja sebotol hairspray dan aplikasikan dengan sebelumnya membasahi bagian yang rusak dengan sedikit air dan semprot lagi dengan hairspray.

Cara membuat gaya rambut spike untuk rambut panjang

  • Keramaslah dengan bersih. Dengan rambut yang bersih maka gaya spike Anda bisa bertahan lebih lama. Upayakan tidak menambah kelembapan rambut dengan memakai terlalu banyak conditioner atau minyak rambut.
  • Keringkan rambut Anda. Beda dengan yang rambutnya pendek yang tetap bisa dispike dengan mudah meski agak basah.
  • Karena rambut Anda panjang maka si rambut perlu dilatih untuk bisa mengarah seperti yang diinginkan.

Cara, ketika mengeringkan rambut dengan hairdryer

Dengan membungkuk, gunakan sisir untuk mengarahkan rambut ke bawah. Jadi nantinya rambut Anda bisa berdiri. Sekarang di arahnya diturunkan dulu.

Gunakan hairdryer untuk mengeringkan rambut dari pangkalnya lebih dahulu  baru ke arah ujung. Arahkan ke arah mana nantinya Anda ingin bikin spike. Semakin panas suhu hairdryer semakin menurut pula rambut di buat spike. Lakukan sampai rambut Anda benar-benar kering.

  • Rambut dibagi menjadi beberapa bagian dengan menggunakan sisir. Anda bisa menggunakan jepitan atau tali rambut untuk membuatnya tetap terpisah-pisah. Setiap bagian ini nanti akan di jadikan spike yang panjang. Soal besar kecilnya bagian atau letaknya terserah Anda, boleh berjajar, acak, atau urut dari yang yang besar ke kecil dan sebaliknya.
  • Spike yang sedang akan lebih bagus dibanding yang terlalu kecil atau tebal. Cobalah sampai menemukan setebal apa yang terbaik menjadi spike nantinya. Jika terlalu kecil, rambut tidak akan kuat menahan bebannya ketika menjadi spike, demikian juga kalau terlalu tebal.
  • Mulailah menata spike dengan menggunakan gel rambut paling kuat yang bisa Anda beli. Taruh gel di telapak tangan, lepaskan jepit atau tali rambut dan mulai aplikasikan gel mulai dari pangkal rambut ke ujungnya. Tahan cukup lama, bisa sampai satu menit karena rambut Anda panjang, lalu lanjutkan ke bagian rambut yang lain, ulangi lagi sampai semua bagian-bagian rambut yang tadi sudah Anda jepit selesai di spike.
  • Tergantung dengan panjangnya rambut Anda. Bisa jadi akan lebih mudah jika Anda tetap membungkuk. Jika Anda lelah atau pinggang Anda pegal karena terlalu lama, istirahatlah ambil nafas setiap satu buah spike selesai dibuat. Lanjutkan sampai semua menjadi spike.
  • Semprotlah dengan hairdryer mulai dari pangkal ke ujung rambut.

Tips tambahan

  • Ketika membuat spike di bagian belakang kepala, gunakan dua buah cermin untuk memungkinkan Anda melihat sisi belakang kepala Anda dengan baik.
  • Jangan menggunakan terlalu banyak gel karena keringnya cukup susah.
  • Jika Anda menggunakan gelatin atau lem, bisa juga sih, spike-nya akan semakin kaku dan bagus. Tapi itu juga akan sangat susah dibersihkan, juga tidak bagus untuk kesehatan rambut Anda.