Cara Mengendarai Motor Kopling di Tanjakan dan Turunan

cara-mengendarai-motor-kopling-di-tanjakan-dan-turunanTIPSLOGI.COM – Mengendarai motor kopling memang berbeda dengan motor yang biasa saja. Banyak hal yang perlu dipelajari dari motor kopling utamnya bagi Anda sebagai seorang pemula. Mengendarai motor berkopling manual memanglah sedikit susah dibutuhkan waktu yang agak lama untuk beradaptasi dan akhirnya mahir mengendarai motor berkopling ini.

Apakah Anda pernah mengalami motor kopling mati secara tiba-tiba saat berada ditanjakan atau penurunan? Jika ia, maka Anda sudah mendapatkan artikel yang pas untuk masalah Anda Kali ini tips logi akan memberikan sedikit panduan bagiamana cara mengendarai motor kopling di tanjakan dan turunan agar tidak mati secara tiba-tiba.

Motor kopling adalah motor manual yang gigi atau koplingnya harus disesuaikan saat berjalan. Dimulai dari gigi 1 hingga gigi 4 (normalnya, ada juga yang gigi 5) ini untuk kecepatan rendah hingga tinggi. Memindahkan gigi pun bukan hal mudah bagi pemula. Motor laki memang khas dengan fitur kopling manual, meskipun dianggap sebagai hal yang menyusahkan akan tetapi kopling manual memberikan banyak kesenangan dan kelebihan dibandingkan dengan kopling otomotis semisal di motor bebek atau skuter matic.

Baiklah mari kita simak cara mengendarai motor kopling di tanjakan maupun turunan agar tidak mati, berikut ulasannya untuk Anda:

  • Saat Anda ingin mulai menanjak sebaiknya gunakan gigi 1 atau 2 terus waktu lagi menanjak tuas kopling agak ditekan dan gas dibuka sesuai kecepatan yang diinginkan jangan sampai gas terlalu kecil supaya motor tidak mati.
  • Setelah penanjakan tentu Anda akan melewati jalan menurun Anda harus tekan kopling motor sampai full dan gigi motor Anda harus berada pada gigi 2 atau 3 usahkan motor tidak sampai mati dengan menarik-narik tuas gas dan sesuaikan kecepatan motor apalagi jika penurunannya curam lakukan hal ini sampai motor berjalan pada jalan yang datar.
  • Selanjutnya jika sudah dalam jalan yang datar dan lurus jangan tergesa-gesa dalam mengembalikan tuas kopling, lepas koping secara perahan dan imbangi dengan menambah gas. Jika terlalu tergesa-gesa maka motor tidak bisa melaju dengan mulus.
  • Sebagia tambahan dari artikel ini, saat Anda ingin berbelok yang pertama anda lakukan adalah mengurangi kecepatan, dengan menekan tuas kopling dan ditahan kurangi gigi atau posisikan motor pada gigi 1 atau 2. Masih dalam menahan tuas kopling Posisikan motor cenderung miring dan jangan terlalu kakau pada saat berbelok.

Itulah sedikit artikel tetang panduan bagiamana cara mengendarai motor kopling di tanjakan dan turunan agar tidak mati secara tiba-tiba. Berlatihlah dengan bersungguh-sungguh pasti bisa dan cepat mahir dalam mengendarai motor berkopling ini.