Tips Cara alami mengatasi hiperpigmentasi

Tips Cara alami mengatasi hiperpigmentasiHiperpigmentasi adalah kondisi penggelapan warna kulit atau kuku akibat peningkatan melatonin. Apa sih penyebabnya? Biasanya, hiperpigmentasi disebabkan oleh kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari, fluktuasi hormon, jerawat, dan peradangan. Alhasil, warna kulit jadi tidak merata deh. Ingin tahu cara mengatasinya? Perawatan alami adalah cara terbaik untuk menghilangkan masalah kulit, terutama hiperpigmentasi. Selain tidak memiliki efek samping, warna kulit pun bisa kembali rata. Yuk simak tips mengatasi hiperpigmentasi, berdasarkan Boldsky!

1. Alpukat dan susu.
Susu mengandung asam lemak tak jenuh dan kandungan vitamin E dalam alpukat menjadi obat mujarab untuk mengatasi hiperpigmentasi. Masukkan 2 sdm pasta alpukat (alpukat yang dihaluskan) dan 1 sdm susu ke dalam mangkuk kecil dan aduk hingga merata. Oleskan masker ini pada wajah secara rutin setiap hari. Bilas setelah didiamkan 15-20 menit.

2. Almond, susu, dan madu.
Campurkan 3-4 biji almond, ½ sdm susu, dan 1 sdm madu, lalu aduk sampai rata. Oleskan ramuan ini pada wajah dan biarkan selama 20-30 menit. Kemudian hilangkan bekas masker dengan handuk, yang dicelupkan ke dalam air hangat.

3. Cocoa Butter.
Cocoa butter merupakan lemak nabati murni yang dihasilkan dari buah pohon kakao (Theobroma cacao). Cocoa butter adalah pelembab alami yang baik dan mengandung banyak antioksidan. Anda bisa membelinya di tokok kosmetik atau memesan secara online. Oleskan cocoa butter ke seluruh wajah dan biarkan selama 10 menit. Kemudian bilas dengan air bersih atau handuk yang dicelupkan ke air hangat.