Tips Teh Hijau Kaya Manfaat bagi Tubuh

Tips Teh Hijau Kaya Manfaat bagi TubuhTEH merupakan minuman yang sudah dikenal dengan luas di Indonesia dan di dunia. Aromanya yang harum serta rasanya yang khas membuat minuman ini banyak dikonsumsi.

Dengan meminum teh dapat membuat tubuh lebih rileks dalam menjalani aktivitas. Teh dapat dikonsumsi dengan berbagai cara, diseduh dengan air panas atau ditambah dengan es, sama nikmatnya. Selain itu, ada banyak zat yang memiliki banyak manfaat yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh, berikut:

1.Mengurangi Risiko Penyakit Jantung.
Menurut para ahli, bahwa teh hijau bekerja di dalam saluran pembuluh darah, membantu menjaga nya tetap stabil dan lebih mampu menahan perubahan tekanan darah. Hal ini juga dapat melindungi terhadap pembekuan darah, yang merupakan penyebab utama serangan jantung.

2.Menurunkan Berat Badan.
Karena dalam teh hijau terdapat zat yang mengandung polifenol yang berfungsi (bekerja) untuk meningkatkan tingkat oksidasi lemak dalam tubuh yang dapat mengubah makanan menjadi kalori.

3.Mengurangi Kolesterol Dan Tekanan Darah.
Studi Jepang juga melaporkan bahwa theanine dari teh hijau mengurangi hipertensi, tetapi tidak berpengaruh pada tekanan darah normal. Para peneliti Jepang itu menemukan bahwa theanine menurunkan kadar kolesterol, meningkatkan kolesterol baik dan mencegahnya menjadi kolesterol jahat karena oksidasi.

4.Mengurangi Depresi Dan Stres.
Teh hijau mengandung sejumlah kecil kafein alami yang merangsang. Theanine menyeimbangkan efek stimulasi kafein pada sistem saraf. Theanine menciptakan rasa relaksasi dalam 30 – 40 menit setelah konsumsi melalui dua cara. Pertama, merangsang aktivitas listrik otak untuk menghasilkan gelombang alfa di otak.

Hal ini menciptakan relaksasi dan kewaspadaan mental serupa dengan yang dicapai melalui meditasi. Kemudian theanine memengaruhi kimiawi otak untuk meningkatkan neurotransmiter, dopamine dan serotonin. Komponen-komponen kimiawi penting otak menghasilkan perasaan sejahtera dan rileks.

5.Meningkatkan Konsentrasi Belajar.
Theanine yang terkandung dalam teh hijau meningkatkan kemampuan belajar, mengingat dan berkonsentrasi. Itulah alasannya mengapa secara historis para biarawan dan cendekiawan meminum teh untuk membantu dalam meditasi dan belajar.

6.Mencegah Kerusakan Pada Gigi.
Hasil studi dan penelitian menunjukkan bahwa antioksidan kimia “catechin” yang terdapat dalam teh hijau dapat menghancurkan bakteri dan virus yang menyebabkan infeksi tenggorokan, karies gigi dan kondisi gigi lainnya.

7.Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh.
Studi yang dilakukan oleh Harvard Medical School menunjukkan bahwa theanine pada teh hijau meningkatkan kekebalan tubuh terhadap pilek dan flu, dan dapat meningkatkan respon kekebalan yang kuat.

8.Menguatkan Tulang.
Para peneliti Hong Kong telah menemukan bukti bahwa teh hijau mungkin bermanfaat pada tulang. Percobaan laboratorium mereka menemukan bahwa salah satu komponen utama teh hijau (epigallocatechin, EGC) merangsang enzim kunci yang mendorong pertumbuhan tulang. Epigallocatechin juga meningkatkan mineralisasi tulang dalam sel, yang menguatkan tulang dan mengurangi aktivitas sel osteoklas yang melemahkan tulang.

9.Perawatan Kulit.
Teh hijau ternyata bisa juga membantu kulit keriput dan tanda-tanda penuaan, Hal ini karena antioksidan dan anti-inflamasi nya. para ahlipu telah melakukan penelitian pada hewan dan manusia hasilnya menunjukkan bahwa teh hijau yang dioleskan pada kulit dapat mengurangi kerusakan akibat matahari.

10.Mengurangi Risiko Kanker Usus Pada Wanita.
Sebuah studi oleh Pusat Kanker Nasional Jepang menemukan bahwa wanita yang minum setidaknya lima cangkir teh hijau sehari berisiko 20% lebih rendah untuk mengembangkan kanker usus. Para peneliti mengatakan bahwa komponen teh hijau berjuang melawan bakteri yang terkait dengan kanker usus. Sebaliknya, pria tampaknya tidak mendapatkan manfaat anti-kanker usus dari teh hijau.