Tips Cara Mengobati Penyakit Kuning Secara Alami

Tips Cara Mengobati Penyakit Kuning Secara Alami Penyakit kuning dikenal dengan penyakit Liver. Namun perlu diketahui bahwa tidak semua penyakit kuning disebabkan oleh peradangan hati dan tidak semua peradangan hati menyebabkan penyakit kuning. Penyakit kuning sudah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu, yaitu pada abad V sebelum masehi di Babilonia. Seorang tabib kuno, Hippocrates, menemukan bahwa penyakit kuning adalah penyakit yang menular sehingga dinamakan iterus infectiosa. Pada saat itu, penyakit kuning mewabah di kalangan penduduk sipil dan serdadu.

Penyakit kuning dapat disebabkan oleh virus. Virus merupakan penyebab hepatitis A, B, C, D, E, F, dan G. Disamping itu, penyakit kuning juga bisa disebabkan oleh bakteri, parasit, obat – obatan, bahan kimia alami atau sintetis yang merusak hati, alkohol, gizi yang buruk, serta penyakit autoimmun. Virus Hepatitis B lebih sering menjadikan penyakit kuning berlanjut menjadi menahun. Yang menahun ini dapat jinak, dapat pula ganas – atau berubah menjadi cirrhosis atau malah kanker hati. Lebih dari 80% kanker hati sekunder bermula dari virus hepatitis B.

Saking kuning berhubungan erat dengan organ tubuh yang namanya hati dan fungsi metabolisme. Organ hati yang memiliki ukuran cukup besar dan pastinya memunyai fungsi dan tugas yang besar dalam  metabolisme tubuh sebagai salah satu alat pencernaan makanan yang bekerja sama dengan organ penting lainnya seperti ginjal, lambung dan usus.

Hati memiliki peranan yang cukup penting dalam proses penyembuhan penyakit, karena bila hati sehat maka metabolisme tubuh meningkat sehingga nutrisi dan obat-obatan yang dikonsumsi dalam proses penyembuhan tersebut dapat diserap secara optimal.

Tanda-tandanya orang kena penyakit kuning ialah :

Muka pucat kekuning-kuningan dan kelopak mata kelihatan kuning. Dan di waktu pagi antara jam delapan atau jam sembilan rasa dingin tidur (kantuknya) tidak bisa ditahan, muntah, sakit kepala, pegal pada sekujur tubuh, demam tinggi, lelah, nyeri pada mata, pendarahan pada gusi, kulit yang menguning dan sebagainya.

Beberapa ramuan obat tradisional yang bisa dicoba  untuk mengobati penyakit kuning :

1. 20 gr daun serut ditambah 5-10 gr Kunyit, tambah 5-10 gr temulawak, 25 gr akar alang-alang, 5 gr biji kacapiring direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc. Airnya diminumkan kepada anak saat hangat-hangat kuku.

2. 15 gr daun sendok, ditambah 6gr kulit jeruk mandarin, 6 butir angco, 10 gr Kunyit, 25 gr daun serut, dan 20 gr akar alang-alang direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc, Air nya diminum jika sudah hangat-hangat kuku. ramuan hasil rebusan dapat diminum saat pagi sesudah makan dan malam hari sebelum tidur. Dan dianjurkan

3. Ambillah sehelai janur kuning dari pohon kelapa gading, kemudian janur tersebut dibakar hingga menjadi abu. Selanjutnya dicampur dengan sebutir telur ayam kampung dan diaduk sampai rata. Dan minumlah ramuan tersebut sehari satu kali selama tiga hari.

4. Ambil dan cuci 15-30 g daun Picisan atau daun sisik naga segar sampai bersih, lalu rebus dalam 3 gelas air sampai airnya tersisa separonya. Setelah dingin, saring dan air saringannya siap untuk diminum, sehari 3 kali, masing-masing 1/2 gelas.

5. Konsumsi minuman herbal. Dragon Noni merupakan minuman kesehatan yang terbuat dari bahan alami ekstrak buah naga dan mengkudu. Salah satu khasiat buah mengkudu adalah menyembuhkan penyakit kuning.  Dengan demikian bila Anda meminum Dragon Noni, khasiat mengkudu yang terkandung di dalamnya bisa Anda dapatkan pula.