Mengenali Kolesterol dan Tips Mengendalikannya

Mengenali Kolesterol dan Tips MengendalikannyaKolesterol adalah metabolit yang mengandung lemak sterol (bahasa Inggris: waxy steroid) yang ditemukan pada membran sel dan disirkulasikan dalam plasma darah. Merupakan sejenis lipid yang merupakan molekul lemak atau yang menyerupainya. Kolesterol ialah jenis khusus lipid yang disebut steroid. Steroids ialah lipid yang memiliki struktur kimia khusus. Struktur ini terdiri atas 4 cincin atom karbon.

Steroid lain termasuk steroid hormon seperti kortisol, estrogen, dan testosteron. Nyatanya, semua hormon steroid terbuat dari perubahan struktur dasar kimia kolesterol. Saat tentang membuat sebuah molekul dari pengubahan molekul yang lebih mudah, para ilmuwan menyebutnya sintesis.

Hiperkolesterolemia berarti bahwa kadar kolesterol terlalu tinggi dalam darah.

Kolesterol dapat dibuat secara sintetik. Kolesterol sintetik saat ini mulai diterapkan dalam teknologi layar lebar (billboard) sebagai alternatif LCD.

Tingginya kadar kolestrol dalam tubuh menjadi pemicu munculnya berbagai penyakit. Pola makan sehat merupakan faktor utama untuk mengghindari hal ini. Akan tetapi, tidak semua kolestrol berdampak buruk bagi tubuh. Hanya kolestrol yang termasuk kategori LDL saja yang berakibat buruk sedangkan jenis kolestrol [ HDL] merupakan kolestrol yang dapat melarutkan kolestrol jahat dalam tubuh. Batas normal kolesterol dalam tubuh adalah 160-200 mg. Kadar kolesterol yang tinggi dapat diturunkan dengan simvastatin.

Beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk mengendalikan jumlah kolesterol dalam tubuh kita:
Diet
Konsumsi makanan yang rendah lemak dan kolesterol. Misalnya dengan mengkonsumsi susu tanpa lemak dan mengurangi konsumsi daging. Pilihlah makanan dengan kandungan lemak tak jenuh daripada kandungan lemak jenuh. Minyak yang digunakan untuk menggoreng secara berulang-ulang dapat meningkatkan kadar kolesterol, maka ada baiknya Anda mengurangi konsumsi makanan yang digoreng.

Konsumsi Antioksidan
Antioksidan banyak terdapat dalam buah-buahan seperti jeruk, strawberi, pepaya, wortel, atau labu. Mengkonsumsi bawang putih secara teratur juga dapat menurunkan kadar kolesterol.

Konsumsi Makanan Berserat
Lebih banyak mengkonsumsi makanan berserat seperti gandum, kacang-kacangan, sayur-sayuran dan buah-buahan. Jenis makanan ini dapat menyerap kolesterol yang ada dalam darah dan mengeluarkannya dari tubuh.

Hindari Alkohol dan Merokok
Dengan merokok atau mengkonsumsi alkohol, kolesterol akan mudah menumpuk dalam aliran darah.

Olahraga
Berolahraga secara teratur sesuai dengan umur dan kemampuan. Jaga agar berat tubuh Anda tetap ideal.

Selain beberapa tips tersebut, ada juga beberapa jenis makanan yang aman dikonsumsi karena kadar kolesterol yang rendah, yaitu: putih telur ayam, susu sapi non-fat, daging ayam atau daging bebek pilihan tanpa kulit, ikan air tawar, daging sapi pilihan tanpa lemak, daging kelinci, daging kambing tanpa lemak.

Sementara jenis makanan yang berbahaya untuk dikonsumsi karena kandungan kolesterol yang tinggi, antara lain: santan, susu sapi, susu sapi cream, coklat, margarin atau mentega, jeroan sapi, kerang putih atau tiram dan jeroan kambing.

Demikian tips singkat untuk mengendalikan koleterol, sedangkan apabila Anda ingin mengeluarkan timbunan kolesterol dalam tubuh anda dengan cepat sambil merawat kesehatan tubuh untuk mencegah bahaya penyumbatan pembuluh darah yang bisa memicu stroke, jantung koroner, tekanan darah tinggi dan penyakit lainnya,