Tips Dalam Menjahit Baju

Tips Dalam Menjahit BajuApa yang kalian lakukan bila ada baju atau busana anda yang robek atau ada baju anda yang akan kalian permak sehingga sesuai dengan keinginan anda? tentunya kalian jahit bukan? nah dalam melakukan penjaitan tidak asala jahit tentunya ada cara atau tips yang anda harus pelajari agar hasil jahitan anda memuaskan. Nah untuk itu kami akan memberikan beberapa tips untuk anda dalam menjahit baju anda.

Ketika anda masih kecil, memiliki ketrampilan menjahit merupakan sebuah keharusan sebagai seorang wanita, bahkan tidak jarang sebagian dari anda pasti mengalami kelas tata busana saat duduk di SMP.  Nyatanya ketrampilan menjahit memang membawa berbagai manfaat bagi anda, karena selain bisa membuat aneka ragam pakaian sendiri juga bisa memperoleh penghasilan dari ketrampilan yang satu ini. Nah, bila anda saat ini anda ingin belajar menjahit sepotong baju, tidak ada salahnya kalau anda mencoba tahapan-tahapan cara menjahit berikut ini:

Mengukur
Langkah pertama dalam menjahit pakaian adalah mengukur setiap bagian dari pakaian yang akan dijahit agar dapat dipakai. Berikut ini adalah bagian-bagian yang harus diukur untuk menjahit pakaian:
MengukurMenggambar pola

Bagian ukuran yang diperlukan untuk menggambar pola adalah:
1. Lingkar badan
2. Lingkar leher
3. Lingkar pinggang
4. Lebar bahu
5. Panjang dada
6. Lebar dada
7. Panjang punggung
8. Lebar Punggung
9. Panjang sisi
10. Tinggi puncak
11. Jarak payudara

Memotong Pola
Setelah pola baju yang diinginkan sudah siap, hal selanjutnya yang harus anda lakukan adalah memotong pola di kain. Nah, cara memotong pola secara benar adalah sebagai berikut:
1. Letakkan pola badan depan pada lipatan kain yang akan dijahit.
2. Letakkan pola badan belakang dan lengan pada sisi kain yang lain
3. Gunting bahan tepat pada pola, ingat anda tidak perlu memberi kelebihan ukuran pada kain.

Memotong Pola

Menjahit
Jika kain telah dipotong sesuai dengan pola, anda hanya perlu menjahit kain sesuai dengan contoh baju yang anda inginkan.  Di bawah ini adalah metode dan cara menjahit:

MenjahitItulah Tips Dalam Menjahit Baju, Semoga baju-baju yang anda permak bisa bagus hasilnya dari jahitan nada