Tips Berinvestasi dan Cara Menentukannya

Tips Berinvestasi dan Cara MenentukannyaMenentukan tempat berinvestasi yang tepat buat anda adalah hal yang sangat perlu dan sangat diperhatikan agar nantinya anda tidak menyesal dalam mengelola bisnis yang menguntungkan buat anda dan anda harus tahu bahwa investasi adalah mengenai pilihan.

Dalam investasi sangat bergantung pada banyak hal. Sebelum melakukan investasi ada bebera anjuran sebagai berikut :

1. Rumuskan tujuan
Tujuan harus lebih dahulu dirumuskan, apakah investasi bertujuan untuk :
– Pengembangan modal
– Menambah pendapatan bulanan
– Untuk menyelamatkan aset, atau
– Sekedar hanya ingin dana cair lebih aman tempatnya dengan investasi.

2. Tentukan tenggang waktu
Tenggang waktu adalah penggunaan dana untuk investasi dan pemenuhan kebutuhan riil. Jika memang ada cukup dana yang bisa diinvestasikan dalam waktu cukup lama, pilihan investasi akan semakin beragam. Dana itu harus benar-benar tidak dipakai dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari atau kebutuhan penting lainnya.

3. Investasi sesuai kemampuan
Syarat ini sedikit cukup berat tetapi mutlak di ikuti. Kita harus mampu investasi sesuai dengan dana yang tersedia dan harus bisa mengendalikan diri dan tetap rasional. Sering terjadi investor kebablasan dan akhirnya bangkrut karena mengambil pilihan investasi yang sesuai dengan kemampuan dengan iming-iming pendapatan besar. Seperti kata orang pintar, : jangan sampai kita memakan sesuatu yang tidak bisa kita telan.

4. Gunakan beberapa instrumen investasi
Seperti nasihat klasik dalam dunia investasi adalah “tidak menempatkan uang dalam satu bentuk instrumen investasi”. Ini merupakan kunci sukses yang harus diterapkan dan harus selalu diingat. Menempatkan dana pada beragam pilihan investasi (denga masing-masing resiko dan tingkat keuntungan), membuat total aset lebih aman dibandingkan menempatkan hanya pada satu pilihan investasi.

Dengan memahami hal-hal di atas akan mempermudah kita dalam memilih tipe investasi. Kelemahan utama pemodal kecil di bursa saham adalah portofolio yang terbatas. Karena itu deposito layak menjadi pilihan utama. Selain karena pendapatannya bersifat relatif pasti, deposito mendapatkan jaminan dari pemerintah. Dengan jaminan tersebut akan memberikan rasa aman bagi kita.