Tips Dalam Berkendara Sepeda Motor Anda

Tips Dalam Berkendara Sepeda Motor AndaSepeda motor adalah kendaran roda dua yang banyak dipakai oleh orang indonesia apalagi didaerah perkotaan selain bentuknya yang ramping juga menjadi kendaraan yang pas anda gunakan disaat macet untuk daerah perkotaan tapi satu hal yang anda harus tahu  bagi anda pengendara sepeda motor bahwa menggunakan sepeda motor untuk kegiatan sehari-hari justru semakin rawan dari kecelakaan.

Berbeda dengan mengendarai mobil, lebih minim kecelakaan, tidak terkena cuaca secara langsung, baik terik matahari atau hujan. Tapi menggunakan sepeda motor tetap menjadi pilihan agar lebih cepat sampai dan tidak terjebak kemacetan, khususnya untuk daerah perkotaan.

Dalam berkendara sepeda motor lebih banyak membutuhkan tenaga dan kondisi fisik yang lebih sehat. Untuk itu ada beberapa tips aman dalam berkendara sepeda motor sebagai berikut.

1. Pastikan kondisi fisik dan jiwa yang sehat, lakukan pemanasan sebelum berangkat ke tujuan, apalagi jika perjalanan jauh.

2. Pastikan sepeda motor yang akan digunakan benar-benar siap selama dalam perjalanan, mulai dari kesiapan kondisi mesin kendaraan, ban, rem, kopling, oli, handle gas, lampu depan, lampu rem, sign, rantai, busi, bahan bakar dan surat-surat (SIM dan STNK).

3. Gunakanlah helm full face atau helm standar (SNI) baik bagi pengemudi maupun pembonceng. Memakai kacamata dengan UV (Ultra Violet) protection di siang hari agar tidak silau dan pandangan mata lebih jelas.

4. Menyangkut kemungkinan perubahan cuaca, pengendara sepeda motor harus mempersiapkan jaket, sepatu, body protector, sarung tangan, kacamata dan jas hujan.

5. Bagi pembonceng wanita, sebaiknya tidak duduk menyamping melainkan harus menghadap ke depan.

6. Untuk menyeberang pastikan lalu lintas aman, barulah menyeberang.

7. Perjalanan di kota kecepatan tidak lebih dari 60km/jam, jangan berjalan dengan zig-zag, apalagi jika memboncengkan balita atau orang tua.

8. Jangan membawa muatan yang melebihi ketentuan (lebih dari 2 Orang).

9. Patuhi rambu-rambu lalu lintas sepanjang rute perjalanan dan etika berlalu lintas.

10. Nyalakan lampu utama pada siang hari dan gunakan lajur jalan paling kiri.

11. Hal yang tak kalah penting adalah berdoa memohon keselamatan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebelum mengawali perjalanan.