Tips Menjadikan Anak Anda Lebih Bugar

Tips Menjadikan Anak Anda Lebih BugarKebugaran tubuh adalah hal yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh anda karena bila tubuh anda bugar tentunya kesehatan anda terjaga dengan baik terutama bagi anak anda karena anak-anak seharusnya diawasi agar tidak melakukan hal yang dapat merugikan dirinya karena masa anak-anak selalunya ingin mencontoh sesuatu yang dilihatnya.

Kebugaran akan mempengaruhi daya tahan kerja jantung, daya tahan otot, kekuatan otot, kelenturan dan komposisi tubuh. Selain itu kebugaran juga berhubungan dengan ketrampilan seperti kecepatan, ketangkasan, kecepatan reaksi, keseimbangan, koordinasi dan kekuatan otot sebagai sumber energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Anak yang bugar akan lebih mandiri, percaya diri dan bersemangat dalam menyelesaikan tugas serta lebih jarang sakit dan mampu berkonsentrasi dengan baik.

Berikut tips untuk mengupayakan kebugaran bagi anak :
Perkenalkan olahraga. Tidak ada patokan khusus kapan usia yang tepat untuk mengajarkan olahraga pada anak, karena sambil bermainpun bisa dilakukan olahraga. Selain itu olahraga juga bisa dilakukan dimana saja bisa di pekarangan atau di dalam rumah. Anda bisa mengajak anak berolahraga dengan memanfaatkan mainan atau perlengkapan rumah tangga. Ciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan misalnya ditambah dengan bernyanyi.

Sesuaikan olahraga dengan usia anak. Sesuaikan gerakan tubuh dengan usia dan kemampuan perkembangan motorik anak agar olahraga menjadi menyenangkan dan tidak menimbulkan cidera.

Perhatikan asupan gizi. Untuk tetap bugar, tubuh memerlukan bahan dasar untuk ‘membangun’. Oleh karena itu anak perlu senantiasa mengkonsumsi makanan bergizi seimbang yaitu makanan yang mengandung zat tenaga, zat pembangun, zat pengatur serta makanan yang mengandung dairy foods seperti keju, coklat dan lain-lain.