Tips Modifikasi Kendaraan Mobil Anda

Tips Memodifikasi Kendaraan Mobil AndaDunia modifikasi  untuk mobil sekarang ini paling banyak digemari oleh kalangan remaja dan dewasa apalagi kepada mereka yang suka dengan modifikasi kendaraan, dalam memodifikasi mobil ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Kumpulan tips kali ini membagikan tips untuk memodifikasi mobil yang tepat.

Memodifikasi mobil sudah menjadi kebiasaan untuk sebagian orang. Banyak alasan yang membuat seseorang atau pemilik mobil memilih untuk melakukan modifikasi, seperti agar terlihat lebih menarik atau bosan dengan desain yang lama.

Menurut Mark Widjaja sebagai Senior Styling Designer Research & Development Division PT. Astra Daihatsu Motor, memodifikasi mobil juga merupakan bentuk dari personal appeal dari sang pemilik mobil. Ibaratnya, ketika kita memilih baju atau sepatu yang disesuaikan dengan kepribadian kita.

Lalu jika Anda berminat untuk memodifikasi mobil kesayangan, ada baiknya untuk memperhatikan beberapa hal sebelum melakukannya. Kali ini Mark Widjaja akan berbagi tips mengenai modifikasi mobil. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Sebelum melakukan modifikasi, ada baiknya dilihat apakah mobil milik Anda tersebut tergolong mobil yang sering digunakan sehari-hari untuk menunjang kegiatan aktivitas, atau sekedar mobil yang lebih banyak didiamkan di garasi (weekend car). Jika mobil milik Anda termasuk yang sering digunakan sehari-hari, maka yang harus diingat selanjutnya adalah rute yang sering dilalui. Apakah lebih sering melewati jalan yang mulus, rusak, atau hutan?

2. Lalu perhatikan juga rute perjalanan yang sering Anda lewati dalam keseharian. Jika Anda lebih sering melewati jalan yang rusak, sebaiknya Anda mempertahankan tinggi kendaraan Anda dengan ban berprofil tebal atau sedang. Tujuannya adalah agar pada saat dikendarai bagian bawah mobil tidak mudah rusak.

3. Selanjutnya Anda harus memperhatikan berapa umur mobil yang ingin dimodifikasi. Ini karena agar setelah dimodifikasi mobil Anda terlihat menarik dan tidak terkesan ‘dipaksakan’. Contohnya, bila Anda memiliki mobil klasik, sebaiknya mengubah tampilan mobil sesuai dengan jamannya. Akan lebih baik lagi jika Anda melakukan eye checking pada mobil Anda untuk ukuran dan proporsi yang sesuai.

4. Setelah itu adalah langkah yang disebut Personal Appeal. Pada bagian ini Anda bebas memilih beberapa elemen modifikasi, seperti corak pelek dan kelir mobil karena ini tergantung dengan kepribadian Anda. Tapi Anda juga tetap harus memperhatikan beberapa hal, seperti kombinasi warna jangan terlalu berlebihan sehingga koordinasi pewarnaan menjadi tema yang kuat.

5. Ketika ingin memodifikasi mobil, Mark menyarankan agar membaca majalah-majalah car enthusiast ataupun spesifik rujukan modifikasi untuk mobil tertentu. Atau mungkin Anda juga bisa mencari referensi berdasarkan dari mana mobil Anda berasal.

6. Lalu berapa dana yang sebaiknya disiapkan untuk memodifikasi mobil? Mark menjawab ‘tidak terbatas’. Karena ini bergantung dengan tingkat kepuasan Anda sendiri.

Semoga tips memodifikasi kendaraan tersebut dapat membantu Anda dalam berkreasi.