Tips Hemat Belanja Bulanan

Tips Hemat Belanja BulananTips hemat belanja bulanan memang harus diketahui setiap ibu rumah tangga untuk mengurangi pengeluarannya.

Siapa diantara kita yang tidak suka berbelanja?

Sebagian besar orang, khususnya para ibu pasti senang berada di pusat perbelanjaan ataupun supermarket untuk belanja bulanan.

Tapi, tahukah Anda jika keinginan belanja tersebut haruslah direncanakan terlebih dulu sehingga tidak menjadi keborosan.

Nah, berikut adalah sejumlah tips hemat belanja bulanan yang bisa diterapkan para ibu, antara lain:

Mencatat barang-barang yang ingin dibeli

Sebelum pergi ke supermarket atau tempat perbelanjaan, ada baiknya Anda mencatat terlebih dahulu di rumah, barang-barang apa saja yang ingin dibeli untuk keperluan satu bulan.

Misalnya saja sabun cuci 2 kantong, odol 5 bungkus, mie instant 1 dus, beras 1kg, susu 3 kaleng, dan lain sebagainya. Dengan melakukan pencatatan barang-barang tersebut, Anda dapat menghindari pembelian barang yang terlalu berlebihan, sehingga dapat menghemat pengeluaran.

Susun anggaran belanja

Menyusun anggaran belanja terlebih dulu bisa bermanfaat untuk menghemat dana yang dikeluarkan, dan juga bisa membatasi keinginan berbelanja.

Buatlah anggaran belanja untuk keperluan yang mau dibeli setiap bulannya. Sebaiknya, Anda harus bisa memisahkan antara dana tabungan dan biaya belanja bulanan Anda.

Dengan membedakan kedua dana tersebut, Anda tidak harus menggunakan uang tabungan untuk memenuhi keperluan Anda untuk berbelanja.

Anda tidak perlu mengganggu gugat tabungan, yang seharusnya menjadi simpanan untuk masa depan Anda. Oleh karena itu, berbelanjalah sesuai budget yang dimiliki.

Pergunakan diskon-diskon yang berlaku

Untuk menghemat belanja bulanan, pergunakanlah diskon-diskon yang sedang digelar di beberapa pusat perbelanjaan. Biasanya diskon besar akan diadakan setiap weekdays (hari kerja selain Sabtu dan Minggu) dan juga hari besar lainnya untuk menarik para pengunjung.

Maka dari itu, tidak ada salahnya jika Anda bisa memanfaatkan diskon-diskon yang sedang digelar untuk berbelanja kebutuhan rumah tangga. Dengan adanya diskon-diskon besar tersebut, tentu saja dapat menghemat pengeluaran kita.

Kendalikan diri Anda

Tips hemat belanja bulanan yang paling penting adalah dengan mengendalikan diri. Untuk itu, Anda harus bisa berpikir lebih panjang terlebih dulu dan juga menimbang-nimbang sebelum memutuskan untuk membeli suatu barang.

Misalnya jika panci yang ada di rumah masih bagus dan bisa dipakai, untuk apa Anda ingin membeli yang baru? Lebih baik dana tersebut kita gunakan untuk membeli barang lainnya yang jauh lebih dibutuhkan, sabun atau shampoo.

Oleh sebab itu, Anda harus bisa mengendalikan diri dalam berbelanja sehingga tidak menjadi boros.

Rajinlah mengecek harga

Untuk para ibu rumah tangga, rajin-rajinlah untuk mengecek harga di beberapa supermarket yang ada. Bandingkan harga yang dibanderol supermarket A dan supermarket B.

Apabila supermarket B jauh lebih murah, kita bisa langsung meluncur dan membeli produk-produk yang dibutuhkan tersebut.

Bergabung menjadi member

Tips menghemat belanja bulanan berikutnya adalah dengan mendaftarkan diri menjadi member di salah satu supermarket favorit. Dengan menjadi member, kita bisa menikmati berbagai manfaat yang bisa dirasakan.

Sebagai member, kita dapat menikmati fasilitas menarik seperti mendapat diskon besar ataupun harga khusus yang jauh lebih murah untuk barang-barang promo yang ditawarkan. Tentu saja hal ini dapat menghemat pengeluaran bulanan kita bukan?

***

Jadi, apakah para ibu sekalian sudah menentukan ingin menerapkan tips yang mana? Hingga saat ini, tips-tips hemat belanja bulanan di atas wajib diketahui para ibu rumah tangga yang memiliki budget terbatas untuk memenuhi semua kebutuhan rumah tangga.