Tips Periksa Kelayakan Mobil Sebelum Mudik

Tips Periksa Kelayakan Mobil Sebelum MudikHari Raya Idul Fitri kurang lebih tinggal tujuh hari lagi. Tentunya adalah yang sangat mengembirakan bila anda yang sedang berada dikampung orang dan ingin mudik lebaran dan bertemu keluarga dikampung bagi anda yang ingin menggunakan kendaraan pribadi sebaiknya anda periksa dahulu kelayakan kendaraan pribadai anda sebelum mudik, agar sepanjang perjalanan tidak mengalami masalah terutama pada mobil yang dikendarai.

Jusri Pulubuhu, praktisi safety driving dari JDDC, mengungkapkan bahwa tingkat kecelakaan di jalan raya saat mudik menunjukkan tren meningkat. “Peningkatan ini harus dihentikan karena ini berurusan dengan keselamatan orang. Segala hal yang berkaitan dengan keselamatan orang harus mendapatkan perhatian serius,”

Sebagai catatan, tahun 2012 terjadi 5.232 kecelakaan selama mudik. Sebanyak 984 orang meninggal dan 1.505 orang luka berat. Angka tersebut naik 11 persen jika dibandingkan tahun 2011.

Untuk mencegahnya, Jusri memberikan beberapa tips sederhana yang bisa dilakoni pemilik mobil yang akan mudik, sebagai berikut:

1. Lakukan pre-trip inspection atau memeriksa kelayakan kendaraan yang meliputi: pemeriksaan belts, exhaust (sistem pembuangan) dan pelat kopling.

2. Periksa kondisi pelumas, disarankan untuk menggantinya sebelum mudik.

3. Periksa sistem pendingin udara (AC) dan sistem pendingin mesin (coolant). Siapkan 1 galon coolant untuk cadangan.

4. Periksa sistem kelistrikan (kabel-kabel) di ruang mesin dan sekitarnya. Termasuk juga cek kondisi lampu, sekring (fuse) dan siapkan cadangannya.

5. Periksa dan siapkan peralatan pendukung ( tool kits).

6. Gunakan setir standar. Hindari penggunaan aksesoris setir model forklift karena bisa membahayakan jari jika terjadi kecelakaan.

7. Periksa ban dan tekanan angin ban. Mengganti ban sebelum  mudik sangat dianjurkan. Gunakan ban standar yang sesuai dengan spesifikasi mobil. Perhatikan juga spesifikasi ban agar Anda mendapatkan ban berkualitas baik.