Tips Merawat Rambut agar Tetap Sehat

Tips Merawat Rambut agar Tetap SehatSeperti dilansir US Magazine, dokter yang memiliki klinik rambut di New York itu menyarankan agar mendapatkan waktu tidur yang banyak, mengonsumsi banyak protein, seperti ikan, daging dan telur. Selain itu konsumsi vitamin yang mengandung bioton, seperti vitamin B7 setiap harinya. Biotin dapat mencegah rambut dari kerontokan.

Elizabeth juga menyarankan untuk rutin memijat kulit kepala, setidaknya tiga kali seminggu selama 2 menit ketika keramas. Memijat kepala dapat meningkatkan sirkulasi darah yang berfungsi untuk menyingkirkan kotoran, minyak dan kulit mati.

Selain itu, masalah yang sering dihadapi rambut panjang adalah ujung-ujungnya yang kering dan pecah-pecah. Untuk memperbaiki kondisi rambut yang rusak itu, setiap keramas gunakan kondisioner, sekalipun tipe rambut Anda berminyak. Rambut berminyak pun tetap membutuhkan kondisioner untuk menjaga kelembaban dari luar.

Gunakan kondisioner dari tengah sampai ujung rambut saja. Jangan sampai kulit kepala, karena dapat membuat rambut menjadi lepek dan cepat kotor, sehingga bisa menimbulkan ketombe.

Untuk membuat rambut berkilau, seminggu atau dua minggu sekali rambut perlu perawatan creambath atau hair spa. Ini dia bahan-bahan alami yang bisa digunakan:

1. Madu dan minyak zaitun
Minyak zaitun adalah kondisioner alami yang kaya vitamin E dan bermanfaat mengatasi ketombe, sedangkan madu memiliki kandungan mineral seperti magnesium, kalsium dan vitamin B yang dapat menyehatkan rambut. Campurkan madu dan minyak zaitun dalam kocokan dua kuning telur. Bungkus rambut dan diamkan selama 30 menit. Bilas dengan air dingin.

2. Pisang dan yoghurt
Kedua bahan ini bermanfaat sebagai nutrisi untuk rambut dan membuat rambut tetap lembab dan berkilau. Campuran pisang dan yoghurt juga berguna untuk memperbaiki kerusakan pada rambut, seperti pecah-pecah dan rambut kering. Caranya, campur pisang yang telah dihancurkan dengan setengah cangkir yoghurt dan tiga sendok madu, tambahkan beberapa tetes perasan jeruk lemon. Oleskan pada rambut lalu diamkan selama 15 menit.