Tips Membeli Motor Baru

Tips Membeli Motor BaruHari gini siapa sih yang gak punya motor? Hampir di setiap rumah ada motor.Jika mas Bro salah satu orang yang pengen membeli sebuah motor baru,Silahkan baca tips sederhana dari saya ini, agar di kemudian hari mas bro ga nyesal karena rugi atau karena apa lah,,lanjut baca mas bro.

1. Lihat produknya langsung
Jika Membeli motor harus melihat produk motor yang akan dibeli. Jangan pernah tertarik pada brosur, Langsung ke TKP aja,ntar kebeli kucing dalam karung lho,,,

2. Pilih dealer resmi
Dealer yang tak resmi memang ada kalanya menawarkan diskon besar. Anda bisa saja tidak tahu apakah motor yang dijual itu telah diganti komponennya dengan barang palsu atau kemungkinan adanya cacat pada bagian motor tersebut, sehingga harganya lebih rendah dari pasaran normal.

3. Cari tahu harga pasaran
Sebelum membeli mobil/motor baru, ada baiknya mencari informasi sebanyak mungkin berapa harga pasaran atau harga resmi yang dikeluarkan pihak perusahaan untuk motor tersebut secara on the road.

4. Bengkelnya menjamur
Membeli motor jangan seperti beli barang selundupan. Usahakan membeli motor yang bengkel resminya dimana-mana. Minimal bengkel biasa mengerti tentang kerusakan motor Anda. Apabila suatu saat motor Anda bermasalah, pastikan Anda akan merasa tenang serta pencarian sparepart-nya pun mudah.

5. Coba punya teman
Apabila teman Anda sudah memiliki motor impian Anda, cobalah menggunakan motornya. Dengan mencoba motor tersebut, Anda bisa tahu kenyamanan dan merasa yakin terhadap motor yang akan Anda beli nanti.

6. Jangan gengsian
Jangan merasa gengsi atau ikut-ikutan jika ada tipe motor baru. Sebenarnya ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek) sangat senang bila ada produsen yang langsung membeli produk barunya. Dengan begitu mereka bisa tahu kelemahan produk mereka tanpa harus buang-buang waktu masa percobaan. Jika ada konsumen complaint itu akan jadi bahan pelajaran buat ATPM. Jadi sebaiknya pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

7. Mahal bukan berarti bagus
Mahal bukan berarti motornya bagus. Biarpun murah kalau rutin merawatnya dan jaminan spare part yang memadai akan menjadi motor yang awet. Jangan mudah tergiur oleh rayuan SPG Motor. Ini yang membuat motor awet meski dipakai bertahun-tahun.contoh nya Viar Motor indonesia,itu murah lho mas bro (promosi,,ckckckckck) 😀

8. Lihat kemampuan
Membeli motor harus melihat kemampuan Anda ketika membeli. Kalau pun tidak bisa membeli tunai, Anda masih bisa membeli dengan cara kredit. Jika Anda kredit, coba Anda terawang masa depan keuangan Anda, apakah untuk kedepannya masih bisa bayar cicilannya. Hal ini penting, karena banyak pemilik kendaraan khususnya yang kredit mengalami penarikan kendaraan, karena tidak mampu membayar cicilan.

9. Fitur dan kelengkapan
Beli motor tidak hanya dapat motornya, tetapi juga mendapatkan helm, jaket, kardus buat helm, buku panduan, buku servis, buku lainnya sama kunci-kunci standar. Bila dari salah satu itu tidak dapat, ini harus diwaspadai karena itu sudah menjadi standar penjualan motor.

10. Perhatikan garansi
Membeli mobil/motor baru bukan merupakan perjanjian kontrak terputus. Artinya Anda akan tetap membutuhkan dealer yang bersangkutan untuk perawatan pasca pembelian. Karena itu perhatikan garansi yang diberikan dealer tempat Anda membeli kendaraan baru tersebut agar selama kepemilikan kendaraan, Anda mendapat jaminan pelayanan purna jual.

11. Jangan pernah membayar biaya apapun sebelum deal
Jangan menandatangani perjanjian pembayaran apapun sebelum Anda benar-benar sudah memutuskan membeli kendaraan dari suatu dealer. Pastikan pula semua perjanjian dengan dealer tempat Anda membeli kendaraan. Surat perjanjian harus dilengkapi kop dan cap resmi, sehingga apabila terjadi suatu kesalahan di kemudian hari, Anda bisa melakukan klaim.

12.Asuransi
Ini juga penting lho mas bro,jangan cuma dapat garansi,tapi juga di usahakan ada asuransi nya,ntar hilang atau kecelakaan,rugi lho mas bro.