Tips Mengendarai Mobil Ketika Hujan

Tips Mengendarai Mobil Ketika HujanPengendara biasanya akan mengalami perasaan was-was atau takut ketika mengendarai kendaraannya sewaktu hujan. Berbeda halnya ketika cuaca panas. Bahkan ketika hujan, ada juga sebagian pengendara yang mengalami rasa gugup. Apalagi ketika hujan yang mengguyur cukup deras. Oleh karena itu, untuk menghindari hal yang tidak di inginkan mayoritas pengendara akan bersikap hati-hati. Dengan mempersiapkan segala sesuatu lebih dini atau berkendara dengan pelan daripada biasanya, sebenarnya itu adalah hal yang pertama dan tepat yang harus anda lakukan.
– Pastikan kendaraan anda dalam performa yang optimal. Selain mesin, ban, lampu, serta wiper juga menjadi poin utama untuk mengantisipasi hal yang tidak anda inginkan selama perjalanan ketika hujan.
– Hidupkan lampu depan. Dalam kondisi hujan deras, lampu akan sangat membantu anda untuk mendapatkan jarak pandang yang lebih baik.
– Jaga jarak. Bukan hanya ketika tidak hujan, dalam kondisi hujan anda justru harus menjaga jarak secara ekstra dengan pengendara lainnya. Karena hal ini untuk mengantisipasi keterbatasan pandangan terhadap pengendara lainnya, atau bisa juga sekedar untuk berjaga-jaga jika rem kendaraan anda tidak berfungsi secara normal.
– Hindari genangan air. Berusahalah untuk menghindari genangan air, karena bisa saja terdapat lubang di baliknya yang menjadikan anda (atau penumpang jika ada) tidak nyaman ketika berkendara. Dan jika memang anda harus melintasi genangan air, injaklah pedal rem untuk sekedar mengeringkan rotor rem anda.
– Pilihlah jalur tengah. Pada poin ini, anda dapat melakukannya ketika memungkinkan untuk dapat mengendara pada jalur tengah. Karena biasanya jalur tengah memiliki ketinggian yang lebih baik daripada jalur tepi.