Tips Rambut Sehat Masa Kini

Tips Rambut Sehat Masa KiniNamun gaya hidup tak sehat kerap menyebabkan rambut beruban lebih cepat. Bila rambut mulai beruban di usia paruh baya, kini banyak orang berusia 20-an sudah mulai merasakannya.

Ada beberapa cara untuk mempertahankan warna hitam rambut lebih lama, seperti dikutip dari Good to Know:

Menghindari Stress
Stress adalah penyebab utama rambut beruban lebih cepat dan juga penuaan dini. Cobalah untuk menyediakan waktu lebih banyak untuk rileks dan waktu untuk diri sendiri. Misalnya berendam air panas setelah hari yang penat. Jadilah positif dan belajar berkata tidak.

Berhenti Merokok
Merokok telah terbukti secara ilmiah dapat mempercepat penuaan pada tubuh. Berhenti merokok juga dapat meningkatkan sirkulasi dan memperlambat tumbuhnya uban.

Jaga Cairan Tubuh
Kurangi kafein dan alkohol, serta tingkatkan konsumsi air. Perhatikan juga jumlah makanan goreng, pedas dan asam setiap harinya akrena makanan ini dapat mengurangi kadar air dalam tubuh dan kelembapan. Kurangnya kelembapan menghalangi nutrisi mencapai kantung pada rambut yang berakibat pada memutihnya rambut.

Konsumsi mikronutrien
Kadang-kadang rambut memutih karena kekurangan zat tembaga dalam makanan. Minumlah multi-vitamin setiap harinya yang mengandung zat tembaga. Beberapa makanan yang kaya zat tembaga antara lain : lobak hijau, kacang lima, bayam, beri hitam, nenas, delima, almond, biji labu dan kebanyakan daging.

Tambahkan yodium
Kebanyakan orang tidak mencukupi kebutuhan yodium dalam tubuh. Jadi dengan memperbanyak makanan dengan zat yodium yang tinggi seperti wortel dan bayam dapat menjaga rambut Anda tetap bersinar.

Tingkatkan Protein
Makanan berprotein tinggi penting bagi tubuh, termasuk kesehatan kulit dan rambut. Makanlah daging tak berlemak seperti ayam dan kalkun. Menyeimbangkan makanan dengan protein juga perlu, selain karbohidrat. Jika Anda makan roti panggang, seimbangkanlah dengan telur rebus untuk menambah kebutuhan protein.

Tidur cukup
Tidur merupakan waktu terbaik untuk relaksasi tubuh serta menurunkan tingkat stress. Selain itu, tidur yang cukup akan membuat Anda tampak awet muda.

Asup vitamin B12
Kekurangan vitamin B12 mengakibatkan rambut memutih lebih cepat. Makanlah makanan yang kaya akan B12 seperti telur, keju, sapi, pisang, ikan dan domba.

Tingkatkan sirkulasi darah
Peredaran darah yang lancar penting untuk mencegah rambut memutih. Tidak ada gunanya memakan semua vitamin dan mineral, apabila semua itu tidak dapat mencapai kulit kepala dan rambut. Untuk memperlancar peredaran, berolahragalah secara teratur. Perlu juga diperhatikan untuk memijat kulit kepala dengan ujung jari setiap harinya selama 5 hingga 10 menit.