Tips Baru Menyingkat URL di Twitter

Tips Baru Menyingkat URL di TwitterBaru-baru ini twitter menambah fitur baru di websitenya, yaitu penyingkat URL. Tools baru yang disediakan ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi pengguna twitter, terutama bagi mereka yang ingin berbagi link dan selama ini menggunakan pemendek url eksternal seperti bit.ly dan w3zoom misalnya.

Berikut ini informasi selengkapnya bagaimana fasilitas ini bekerja:

Keterbatasan karakter di Twitter kerap menyulitkan kita ketika akan membagi link yang cukup panjang. Nah, Twitter kini punya solusinya. Layanan mikroblogging itu telah menyediakan pemendek URL otomatis di situsnya.

“Berbagi link di Twitter kini mudah dan langsung. Selain itu, karena kami memperlihatkan versi pendek dari link asli, orang-orang akan tahu akan kemana link tersebut,” tulis juru bicara Twitter, Carolyn Penner di blog resmi Twitter.

Ya, selama ini pengguna harus menggunakan penyingkat URL eksternal seperti bit.ly misalnya, sebelum memposting link. Kini tak perlu repot lagi karena Twitter melakukannya secara otomatis.

“Layanan ini juga meningkatkan keamanan. Jika pengguna mengklik link yang dilaporkan sebagai link ‘jahat’, kami langsung mengarahkan mereka ke halaman yang berisi peringatan,” kata Penner.

Untuk menggunakannya, pengguna tinggal meng-copy paste link ke kotak tweet. Setelah itu, ketika mengklik ‘tweet’, akan muncul notifikasi bahwa Twitter akan menyingkat URL tersebut. Dan saat terposting, Twitter telah menyingkatnya hingga hanya 19 karakter.

Sebagai permulaan, penyingkat URL otomatis ini baru tersedia bagi sebagian kecil pengguna Twitter. “Semua pengguna akan bisa menggunakannya nanti,” janji Twitter.

Jejaring sosial 140 karakter ini juga memberitahukan, meski sudah tersedia penyingkat URL di situsnya, Twitter memperbolehkan pengguna yang masih lebih suka menggunakan penyingkat URL lain.

Demikian tips kali ini tentang penggunaan dan pemanfaatan fitur baru twitter. Tapi ngomong-ngomong apa Anda juga pengguna twitter dan bagaimana anda melihat fitur baru ini?